India Berhasil Menembakkan Rudal Derby dari Tejas

Pesawat tempur ringan Tejas buatan India menembakkan rudal Derby. © IDRW.org

NEW DELHI – Produsen jet tempur ringan Tejas, Hindustan Aeronautics Ltd. (HAL) sedang melakukan penilaian integrasi rudal Derby dengan sistem yang ada dipesawat terbang Tejas termasuk avionik, radar pengendali tembakan, sistem peluncur serta pengirim rudal dan juga untuk memverifikasi kinerjanya. Di harapkan bahwa seluruh tugas untuk mendapat izin operasional akhir akan dapat tercapai di akhir tahun ini, sebagaimana dilansir dari Daily Excelcior.

Rudal Derby tersebut melakukan penguncian (Lock On) setelah diluncurkan pada sasaran BVR dalam mode pencarian dan sasaran tersebut hancur. Pemisahan yang aman diikuti oleh panduan rudal terhadap target melalui akuisisi radar.

“Demonstrasi peluncuran tersebut berlangsung tanpa cela, kesemua sistem yang terpasang tampil memuaskan dan rudal Derby itu langsung menghantam sasaran dengan penghancuran totalnya”, menurut Kementerian Pertahanan India.

HAL sejauh ini telah menyerahkan 4 (empat) unit pesawat tempur ringan Tejas ke Angkatan Udara India (IAF). Tejas, hingga saat ini bagaimanapun masih belum siap tempur. Tahap uji coba persenjataan akhir, termasuk penembakan rudal BVR (di luar jangkauan visual) sedang berlangsung.

Selain itu, pesawat tempur ringan (LCA) tersebut direncanakan untuk mendapat radar AESA (Active Electronic Scanned Array) dan paket perang elektronika (Pernika) modern, memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara pada Tejas Mk-IA (yang sebenarnya dinginkan oleh Angkatan Udara India).

Konten impor pada pesawat tempur ringan (LCA) Tejas adalah 40% menurut nilainya.