Mar 232014
 

Su-30MKI. photo: Mick Bajcar/flugzeuginfo.net

India awalnya menerima SU-30MK standar, sambil pemerintah dan industri India bekerja sama dengan Rusia mengembangkan SU-30MKI yang lebih maju. Kemudian Su-30MKI ternyata akhirnya menggunakan sistem elektronik dari berbagai negara: Radar NIIP N-011 dan sensor jarak jauh IRST Rusia, sistem navigasi Perancis, HUD sistem dari Thales, electronic warfare systems dan LITENING advanced targeting pods, dan komputer serta tambahan sistem avionik India.

Type sebelumnya, SU-30MK dan crew India tampil mengesankan pada latihan Red Flag di Amerika tahun 2008, dan penghargaan tinggi RAF terhadap SU-30 MKI pada tahun 2007 dalam latihan Indra Dhanush adalah indikasi akan keunggulan pesawat ini. Sejauh ini, India telah memesan 272 unt SU-30 dalam 4 tahap:

  1. 50 SU-30MK dan MKI dipesan langsung dari Rusia pada tahun 1996. SU-30MK dilaporkan dimodernisasi untuk standar dasar SU-30MKI.
  2. 40 SU-30MKI lainnya dibeli langsung pada tahun 2007. Mesin pesawat ini dikabarkan telah mendapat upgrade standar “Tahap 3”.
  3. Lisensi membangun pesawat lewat kesepakatan dengan HAL India bertujuan untuk memproduksi hingga 140 lebih pesawat tahap 3 SU-30MKI dalam waktu 2013-2017
  4. Set peningkatan 42 unit SU-30MKI yang dibangun HAL yang disebut “super 30”. Pesanan awal dilaporkan ditandatangani pada tahun 2011, tetapi kesepakatan akhir menunggu sampai Desember 2012.

Tapi belum lama ini muncul berita mengenai rendahnya readiness bagi armada Flanker Angkatan Udara India (IAF).

Media India ‘Sunday Guardian’ memperoleh surat dan dokumen lain yang dikirim oleh HAL pada rekanan Rusia-nya, yang isinya merujuk pada masalah serius perawatan armada SU-30MKI India. Dibandingkan dengan armada Mirage 2000 dan MiG-29 India yang tingkat kesiapannya sekitar 75 %, maka kesiapan operasional SU-30MKI yang hanya mencapai 50% membuatnya dianggap tidak layak untuk operasional terbang. Isu kelas strategis ini bisa membantu menjelaskan berita yang menyebutkan India mungkin akan mengabaikan program FGFA/Su-50 (Pak Fa) pesawat tempur generasi 5 dengan Russia dan mengalihkan dananya untuk pembelian Pesawat tempur Perancis, Rafale.

Ini bukan pertama kalinya isu-isu seperti ini muncul, dan Rusia dikenal memiliki reputasi untuk jenis masalah seperti ini.  Satu Februari 2014 surat dari HAL mengingatkan pihak Rusia bahwa mereka telah menghubungi pihak Russia mengenai isu kritis ini sejak Maret 2013 namun tidak ada jawaban :

” … Beberapa kasus kegagalan berulang Mission Computer-1 dan Head Up Displays (HUD) nge- blank dan semua Multi-Function Displays (MFD) dalam penerbangan … Masalah seperti matinya tampilan layar adalah masalah serius dan penting yang mempengaruhi eksploitasi pesawat. (Hal ini) perlu prioritas bagi tindakan korektif /langkah-langkah perbaikan … “

Dari isi surat 24 Des 2013:

“Akibat tidak tersedianya fasilitas untuk overhaul aggregates [suku cadang pesawat], kelayakan operasional Su-30MKI secara perlahan menurun dan permintaan untuk unit Pesawat di Lapangan (Aircraft on Ground/ AOG) meningkat….. Sejumlah besar unserviceable agregat [suku cadang] berserakan karena berbagai kegiatan perbaikan IAF (India Air Force)…..  Tampaknya Rosboronexport dan Irkut Corporation hanya memiliki kontrol terbatas terhadap perusahaan-perusahaan Rusia lainnya [yang menyediakan bagian-bagian vital seperti mesin].”

 

Salah satu alasan mengapa kesiapan armada MiG-29 IAF lebih baik dibandingkan kesiapan armada Sukhoi mereka adalah karena India telah bekerja membangun infrastruktur seperti pabrik mesin RD-33 secara lokal hingga sepenuhnya tidak tergantung lagi pada Rusia.

Perusahaan Rusia sebenarnya sudah berencana mendirikan fasilitas perbaikan SU-30MKI di HAL pada Desember 2013, tapi tidak terlaksana, demikian juga halnya dengan rencana penempatan spesialis pesawat. India sendiri bukan tanpa kesalahan dalam situasi ini, memang mereka dilaporkan rewel dalam tawar menawar harga/biaya, tetapi kontrak bagi dukungan spesialis menyatakan bahwa mereka akan ditempatkan walau negosiasi harga masih belum final. Inti postur pertahanan India mengharuskan mereka mengatasi masalah ini bagaimanapun caranya. Sunday Guardian mengatakan “Russians go slow, Sukhoi fleet in trouble”. – (defenseindustrydaily)

  158 Responses to “Krisis Kesiapan Armada Sukhoi India”

  1. Pertamax

    • Sesuai dengan BANYAK pendapat saya di Episode dahulu (yang kata beberapa wong tuwek duluu katanya saya terlalu menjelekkan Produk Rusia) tenyata menjadi kenyataan khan………………………

      Kelemahan Produk Rusia ada pada SUKU CADANG disamping Quality yang masih dibawah Barat, Tahun 2005 1 Su-27SK dan 1 Su-30MK kita GROUNDED sementara, padahal baru sekitar 2 tahun (masih New), karena TIDAK ADA Suku Cadang, sehingga memaksa Presiden SBY “mengemis” pada China agar bisa di support KW2 dari China.

      Masalah Garang, Rusia rajanya, Namun yang jadi masalah adalah Langkanya suku cadang, bahkan dipasar gelappun sangat susah, belum lagi kita berhadapan dengan Mafia yang luar biasa banyaknya di sana.

      Yang masih bagus adalah Ground-Vehicle, yang mungkin PT. PINDAD masih bisa mengutak-atiknya. PT-72, BTR-40/50, BMP-1/2 dan BMP-3F

      Hal itulah yang menyebabkan TNI-AU masih jatuh cinta dengan F-16 meski rawan Embargo, Suku cadang yang masih sangat banyak, di pasar gelappun masih banyak tersedia. ketika di embargo tahun 1998-2007, Suku Cadang sangat banyak di pasar gelap, hanya kita saja yang tidak sanggup membelinya. akhirnya dicoba pakai Industri Lokal untuk melakukan Re-enginnering

      • Omongan anak SLB…..kalau bicaranya sama teman sekolahmu ya ngangguk ngangguk aja….namanya jg setengah….

        Kalau bener yg situ bilang kan sukhoi br 3 butir tahun 2005.kalau kondisinya gitu kenapa kita nambah ampe satu skadron?knapa malah TNI mengidam idamkan S35?doyan?

        Mengenai produk rusia abal abal gimana situ ngejelasin Mig 21 yg masih terbang di india,rumania,ceko,estonia,lituania dsb?pake magic kah?

        Trs gimana situ ngejelasin elang botak yg crash satu tahun setelah kita terima?salah uratkah?

        Bener gak kelas ngomong ama situ!

        • setuju bung@wehrmatch..kesalahan india adalah mereka mengembangkan sendiri bukan.? wajar lah gagal..lah wong murid mau melebihi guru yah susah..india baru belajar ilmu peawat dari rusia, lalu ingin lebih hebat dari rusia? bikin suku cadang aja ga bisa india..mirip amerika yang ga mau memberi “ilmu” F22 Raptor nya kepada eropa sekalipun.hanya memberi lisensi merakit F35..kalo berbicara F16..dari total awal yang kita punya sekarang tingal 10.. artinya sudah beberapa rusak/jatuh..sedangkan sukhoy dari sejak beli belum ada yg jatuh satu pun..dari dulu di warjager terdapat 3 kubu, yang satu anti produk rusia,,dan selalu menjelek jelekan dan yang satu “cinta” ampe ” mati produk barat/nato, dan yang satu nya suka produk rusia,namun masih terbuka buat produk barat.

          peacee salam TNI AU…

        • @wehrmacht

          SLB = SeLalu Benar……Terima Kasih Pujiannya….

          Sorry anda bukan kelas saya…..
          Silahkan keluarkan Emosi anda
          Kelihatan jelas kasta anda dimana
          Toh anda ngak tahu siapa saya khan ???

          Silahkan Lihat REFERENSI saya di 100an Halaman Warjag ini

          Sedangkan Anda………..Hmmmmmmm
          Malah Bikin RUSAK WARJAK INI………………………………

          • Bung melektech

            Kasta tdk ditentukan dr isi komentar tp dr cara berkomentar.cara komentar anda adl.cara komentar org introvert yg hrs selalu benar tanpa peduli pendapat org.jd sdh ketahua lah kasta anda yg sangat pariah itu.

            Meski komentar anda”mungkin” benar anda tdk memberikan kontribusi apapun pd warjag ini krn cara anda berkomentar tdk santun dan menandakan anda tak mengenal budaya kita.msh banyak yg lebih tahu dr anda tp bs di terima pendapatnya dgn ucapan trimakasih.anda?

            So,go to hell with your bullshit morron!

            So

          • Yang mulai dulu siapa bung…….????

            Anda lihat komen diatas……….

            Tiba-tiba anda muncul dengan caci makian yang tidak ada gunanya

          • tdk masalah km nuwbie atau sepuh, semua berhak memberikan komentarnya tp harus santun agar tdk terlihat sok2an… beberapa dari sepuh dsni dengan sabar mmberikan penjelasan kepda yg g tau, wlaupun prtnyaannya agak konyol, sy salut. tp dari komentar bung melektech yg ini
            “Sorry anda bukan kelas saya…..”
            Toh anda ngak tahu siapa saya khan ???
            Silahkan Lihat REFERENSI saya di 100an Halaman Warjag ini

            dalam hati sy bilang “soo whaatt??” katanya sesepuh tp kok komennya kyk gtu… emosi jgn dibalas emosi donk… nnti juga slesai. klo dibalasx sombong gtu malah tambah panjang… apalgi disertai dengan ketawa ngakak yg seolah2 sangat merendahkan… tolong dijaga komentarnya bung… tulisan anda mencerminkan siapa anda. Salam

        • @wehrmacht akan saya jawab………mudah khok…….

          MiG-17/19/21 dibuat era UNI SOVIET yang sangat besar, Industrinya begitu menyatu dan padu dan diproduksi dalam SANGAT BANYAK, tidak heran sampai sekarang masih ada, karena suku cadang yang melimpah

          Namun SEKARANG UNI SOVIET RUNTUH, Industri Tercerai Berai, tinggal RUSIA, apalagi SEKARANG bermusuhan dengan KROASIA dengan masalah Krimea, tambah sumpek masalah suku cadang karena sekitar 38% suku cadang Sukhoi dari Kroasia

          2 unit F-16 jatuh karena HUMAN ERROR, hal itu disebabkan karena F-16 pesawat yang sangat canggih di era itu, Pengenalan Teknologi canggih era itu, Fly-by-Wire pertama TNI-AU, model kendali Side-Stick Pertama TNI-AU, Penggunaan True-Radar pertama TNI-AU, Dst…………….

          Kenapa TNI akan memilih Su-35, Hal itu semata mata untuk mengisi gap yang dilarang pakai oleh barat, meski Indonesia ditawari F-35 sama AS, namun tetap akan di DOWNGRADE, sehingga lebih rendah dari Sekutu AS, yaitu Australia dan Singapura, hal yang sama dengan apabila kita memesan F-15 atau Typoon.
          Akhirnya TNI-AU memilih kandidat Su-35 dengan segala RESIKONYA, silahkan baca pernyataan Panglima TNI di banyak media………………

          • Ralat yang bener UKRAINA…he…he…maklum ngetiknya jam 1 malam

          • f16 jatuh karena human error wahahahaha :v bagus juga alasannya :v ya ya ya moga-moga alasan ini dapat di terima di sisinya :v nguaco pool la waktu beli apa tidak di coba dulu rasanya, rasa jeruk atau melon :v

          • Meletech

            Analogi yg sama dgn elang botak.elang botak.elang botak adl.pespur sejuta umat.wajar onderdil kiloannya ada di pasar gelap.sy gak pernah memandang tinggi produk AS yg original sekalipun.teknologi selalu ketinggalan dr soviet dan mahal karena brand image akibat pemasaran berbasis politis.harga yg kita byr gak pernah sesuai kualitas.seperti jiwa yahudi,ASU itu pembohong kelas paus….

            Crash itu tidak ada hub nya dgn human error.penerbang kita di kenal cepat belajar dan tangguh.kloter pertama elang botak itu aja penerbang kita sendiri yg membawanya dr pabrik.menerbangkan F16 itu lebih mudah daripada Mig atau sabre.ibarat mobil udah pake power steering,tilt steering,electric mirror dsb.jd konyol kalo situ bilang human error.pilot luar aja ampun ampunan kalo lawan skill pilot kita.cm anda yg meremehhkan bangsa sendiri.nation carachter assasination itu….awas anda di karungin.

            38% dr ukraina?begitu mudahnya rusia memindahkan pabrik2 pabrik itu ke rusia atau membuat lg pabrik baru di rusia karena toh teknologinya punya rusia kok.org ukraina itu dr dulunya cm bs nanam gandum dan bergantung segala galanya dari rusia.rusia tinggal potong saluran migasnya dah modar semua kehidupan ukraina.ukraina rdk akan punya pilihan selain berdagang dgn rusia.eropa barat?dah tutup buku bung….bangkrut…

            Jadi aneksasi rusia tdk aka mendapat halangan.ukraina akan menerimanya di iringi tepukan tangan barat!

            Rusia akan jadi penguasa ekonomi eropa dan sebaiknya ASU berhati hati karena akan kehilangan selutu eropanya sementara dia sibuk akan cina.

          • Tambahan buat meletech

            Selama anda berkomentar tdk sopan saya akan terus memerangi anda! Wajar toh,gak ktemu ini…

          • @wehrmacht

            Yang mulai dulu siapa om ???

            Lihat komentar di atas, yang ndak sopan siapa ???? anda mulai dulu

            AKan saya jawab pertanyaan anda ?

            Semua produk suku cadang AS emang banyak sekali, berarti banyak yang suka, bukan ??

            termasuk KOMPUTER ada INTEL dan MICROSOFT yang dari AS dan YAHUDI, anda bisa mengetik disini juga jasa mereka sungguh MUNAFIK anda itu

            Kroasia dulu adalah bagian dari UNI-SOVIET
            jadi sudah jelas Ilmu anda sampai dimana…ha….ha…ha…..

            bisanya maki-maki tanpa alasan yang jelas

            LEBIH BAIK ANDA MENYINGKIR DARI SINI, ANDA TELAH MERUSAK JAKARTAGREATER YANG TERHORMAT INI…..

          • Ralat UKRAINA………..

          • sepertinya bung wehrmacht nggak tiba2 berkomentar keras seperti itu kalau tidak ada pangkalnya,mungkin diwaktu lalu ada komentar bung melektech yg dianggap melecehkan, sok atuh dijelaskan bung wehr, biar lawan bicara anda sedikit mengerti.

        • Maksud nya bung melektech mungkin adalah QC (quality controlnya) masih kalah jauh di banding dg barat..
          Bisa di buka halaman jatuh nya mi17 kalao tidak salah disitu ada koment nya bung melektech..
          Sorii oot. Bung

          • Sudah saya jelaskan di atas bung Patech, namun yah itulah…kalau niatnya untuk RACUN ya…begitulah ????

        • bung melektech emg sepuh, tapi kikir berbagi informasi, beda dengan sepuh yg laen, kalo mampir komeng nya gk jauh jauh dari ` JKGR penghuninya anak anak baru semua gak level `. Justru anak anak baru itu bung yang perlu banyak tahu & sebagai sepuh apa salahnya berbagi pengetahuan,

          • Sudah bung minoritas, namun ya itulah, beberapa orang baru niatnya buruk pada JAKARTAGREATER ini…………….

          • Semua boleh sombong…sok-sok an…dan sebagainya…..bebas…ngak ada Instropeksi, NGAK ADA PIALA DISINI,

            KARENA “HANYA” PAKAI NICK NAME AJA DISINI

            ASAL : Harus disertai analisa yang jelas

            Saya selalu menyertai analisa saya yang menurut saya sangat jelas
            Silahkan anda mengatakan Sombong, Sok-Sokan, dst………….

            Itu tergantung dari sifat orang yang membaca saja…

          • aduh tolong deh jangan diadukan sesama penghuni, saya rasa bung melektech ada benarnya,enak bacanya kalo setiap argumen ada analisanya. baik dr sumber resmi atau yg katanya hoax, yg penting kalau bisa jangan merasa pendapatnya yg paling bener,ntar jadi debat kusir.

          • wah.. saya jangan dianggap dewan pakar, apalagi jika diadu sama bung Melektech 😀 saya cuma OB saja bung di sini. Nama2 yang anda sebutin sudah lama beredar di Warjag semenjak saya masih SR.

          • sudahlah teman2 semua, kita diskusi yg santai, jangan malah saling dibenturkan, apalagi antara bung melektech dgn bung satrio, bung nara, bung nowy(admin), bung danu,dll….kita diskusi yg sehat, dgn tesis dan anti tesis dgn sudut pandang yg jelas serta analisa yg jelas pula…..
            Memang tahun2 yg dulu klo debat rame tapi juga disertai pandangan ilmu pengetahuan yg jelas serta analisa yg jelas.

            Terima kasih bung melektech bisa hadir di warjag lagi,
            Salam dari kami, sudah lama bung melektech nggak muncul.

            Dulu memang yg comment jarang sampai 100 komentar.
            Sekarang 100 lebih, banyak temen2 baru di warjag dgn berbagai macam pandangan.

            Dan teman2 jgn sampai ada yg ngetroll itu pesan Mr. Diego, Thanks.

      • Menurut sy ini lebih kepada india yg terlalu memodif pesawatnya…jd susah sendiri…kalo terlalu bnyak modifikasi jelas biaya membengkak karena memerlukan perawatan yg lebih besar n biaya jg gak sedkit blm lg waktunya

        • Yang jadi pertanyaan……………..

          Kenapa India dan Malaysia dan beberapa negara “Mapan” lainnya lebih menyukai Teknologi Barat ??? daripada Produk ASLI Rusia (bawaan) ???

          para Mbah-Mbah-Mbah……Mohon Bantuannya

          • Wakakakaka semua suka produk barat nanti jangan-jangan AK-47 di klaim produk barat juga :v teknologi rusia bagus cuman sayang mahal kalau barangnya mahal :v

          • Hadeuh….berani2 nya bilang bung Melektech SLB dan bilang ga level adu argument dengannya,,,hahahahaha.
            Mohon ampuni dia bung. Dia belum tau siapa anda.

            Resiko jarang tampil sih bung, makanya eksis dong 🙂

          • Silahkan anda jawab menurut analisis anda……………………
            Jangan hanya mengubar Caci-Maki yang tidak ada gunanya………..

          • Trims bung Sem…

            Saya ngak papa khok, di hina dina ngak papa, saya sama sekali ngak tersinggung….Positif saja…………….
            Toh hanya Nick Name aja khan………………..

        • Kenapa India tdk mau pakai produk bawaan Rusia? Sehingga Su 30 MKI dipadukan dengan jeroan lain?
          Lihat siapa lawan potensial India? Cina dan Pakistan. Cina sendiri mengadopsi banyak teknologi perang milik Rusia sehingga kalau mengikuti punya Rusia juga, ya biasa saja.

      • Perlu diketahui bahwa Bung Melektech adalah salahsatu sesepuh di banyak formil. Bung Dexter, Bung merkava, Bung Eagle dll

        • Saya gak peduli.sebelum sy ikut bicara di sini sy sdh jd silent reader setahun lebih jd saya tau siapa dia.dia mungkin sesepuh tp sy gak suka gaya sombongnya.kalau tau saya newbi harusnya dia skip aja kalau gak mau ngasih tau.jgn ngejek lah.dia mungkin tau soal pesawat tp belum tentu tahu hal yg sy kuasai cm dengan memejamkan mata!

          Jd lanjutin aja kelakuan lo meletech,gw ladenin

          di atas langit masih ada langit inget bung

          • Monggo bung……………….
            Lebih baik anda tetep jadi SILENT READER terus…………

            ANDA BELUM LULUS !!!!

            ATAU GANTI NICK-NAME AJA…wkwk…wk

          • Sori bkn sifat sy ganti nick.sy tunggu komentar sepuh macam anda meletek.

            Maaf kepada warjager,disini emang sy yg mulai tp di threads sebelumnya dia yg mulai (ksatria baru pengawal angkasa 2).dia melecehkan sy dgn blg saya bkn kelas dia padahal sy sdh menanggapi komentar dia dgn santai.dr kata2 boss aja udah ketauan kastanya makelar n calo terminal…

            Kepada warjager dan bung diego sbg pemilik warung sy mohon maaf

            Dtunggu komentarnya selanjutnya meletek

        • Yang penting rasa pedes gurihnya tetep ada, ini forumkan membahas tentang arsenal militer yang di mungkinkan di pakai negara ini atau paling tidak bisa di bandingkan.
          karena dengan mempertahankan blok barat dan timur untuk arsenal bisa mendukung pertahanan, setiap bok memiliki otentik teknologi sendiri.
          jangan sampai terulangnya kasus dimana kita tidak boleh menggunakan alutsista untuk kepentingan pertahanan kita.

          • Sudah bung………..
            Di 100-an artikel-artikel sebelumya saya sudah menkomentari secara adil antara Produk Rusia dan Barat.

            Dan DISERTAI ANALISA SAYA,….

  2. Korban master plant gak pasti

  3. benzol

  4. Semoga sukhoi kita tetap aman n siap 100%

  5. Sejak 10 tahun lalu hal ini sudah jadi masalah. Entah mengapa IAF begitu terkesan serakah dengan merangkaikan kelengkapan sukhoi yang dikerjakan iaapo dengan pihak lain, semisal israel,perancis dan rusia di luar pabrikan. Sedari awal pihak india sudah menyalahkan pihak iaapo tidak berkemampuan untuk merangkai semua keinginan itu. Sedang pihak iaapo sendiri menyalahkan india karena tidak merencanakan perangkaian hal-hal dengan pihak tersebut (elbit,thales dll) dengan matang. Meski pun tidak kedua pihak menyatakan hal itu secara resmi.

    • Bagaimana dengan kondisi sukhoi Malaysia?

      • Yg tepat soalannya mas “Gimana dengan kondisi sukhoi Indonesia?”

        • Maaf numpang tanya bung situbondo, Indon tuh dimana ya? Ane kok belum pernah dengar?

          • Jangan ucap seenaknya bung….klo anda memang antek imprealis persiapkan diri anda dg baik krn kami rakyat NKRI siap berhadapan dg anda….!!!

        • Negaranya si situbondo. Mas Situbondo, jika anda tidak tahu kalau sebutan itu dikenal sebagai ejekan, sebaiknya anda minta maaf, selesai. Tapi kalau anda tahu, silahkan anda pergi jauh.

        • Bung diego hapus aj comment gini bikin esmosi aj hehe

          • Sudah saya edit, walau namanya Situbondo tapi lokasi IP-nya dari Johor

          • Paling itu kloningan id anak johor yg sering prov d mari, sama di blognya shah paskal si anak johor jg bikin ribut…

          • Sy paling gedeg klo ada yg panggil sebutan tidak lengkap begitu bung now. Krn sy 2thn lebih disabah jd ngerasain makna sebutan itu. Bila asli otang sabahan blng sebutan itu sy pun marah…”sebut dg benar Indonesia krn sy pun tdk panggil anda malon kan…??” Kita negara besar jgn mau disepelekan seenaknya siapa pun itu. Maaf rodo emosi bung….ngerti wong’e asli kaploki sampe penceng bung….

        • @Situbondo benerin urusan negara loe dulu ga usah ikut campur dapur tetangga..

      • Bung WN, kerumitan tidak terjadi di versi sukhoi mereka bung. Mungkin kasus hornet mereka jadi tolak ukur. Seingat saya mereka menggunakan tipe mkm sesuai fitur pabrikan.

    • radar dan IRST dari rusia
      sistem navigasi dari prancis
      HUD dari thales dari pramcis
      EWS dll dari india sendiri
      ini mah bukan gado-gado lagi tapi super gado-gado

  6. bagaimana dengan sukhoi jiran kita,apa sukhoi MK-1 nya juga sama banyak masalah spserti armada sukhoi india ini ??? semoga aja tidak terjadi dengan armada sukhoi kita

  7. Sudah menjadi Ciri khas India.

    Juga sudah menjadi ciri khas Indonesia yang terlalu royal dengan membeli berbagai macam type senjata / pesawat tempur sehingga terkesan gado-gado dan tidak efisien. misalnya :

    Indonesia sudah memproduksi senjata ringan dengan kualitas HEBAT yaitu Senapan serbu pindad. Produksi senapan pindad sudah sangat lengkap dan handal, mulai dari pistol, rifle, smg, sniper rifles dll tetapi ternyata ada beberapa unit polisi yang masih memakai produk luar negeri, seperti brimob yang memakai steyr aug dan densus 88 yang memakai m4. Akan menjadi promosi positive jika banyak stasiun TV luar negeri yang menayangkan berita Brimob dan Densus 88 membersihkan teroris dengan senapan produksi pindad.

    Ciri khas India adalah cerewet dan pelit tetapi ingin senjata dengan kualitas super, India biasanya berusaha menggabungkan keunggulan banyak type senjata dalam 1 senjata saja. misalnya adalah SU-30 MKI yang mereka campur dengan banyak keunggulan pesawat Israel, perancis dan Russia sendiri. tetapi biasanya hal seperti itu akan berakhir tragis karena India juga berarti harus membeli banyak Spare part dari banyak negara untuk 1 type pesawat saja. jika ada salah satu spare part dari salah satu negara itu tidak tersedia, maka tentunya pesawat tersebut akan tidak bisa beroperasi.

    Kenginan menjadikan SU-30MKI sebagai pesawat sukhoi super dengan mencomot keunggulan dari banyak pesawat justru menjadi bumerang buat mereka.

    Sepertinya akan bernasib sama dengan senapan produksi India yaitu INSAS yang digadang-gadang oleh india adalah senapan super yang merupakan gabungan dari FN FAL, AK-47 dan HK-G3. yang ternyata justru ( dengan diproduksi india ) menghasilkan senapan paling aneh sedunia.

  8. kebanyakan dimodifikasi, jadi garansi tidak diterima bengkel resminya 😀

  9. Sepertinya Sukhoi Malaysia masih tetap FOKUS pada teknologi dari produsen Sukhoi sendiri yaitu Russia. Berita terakhir menyebutkan bahwa mereka mengupgrade MIG29 dan Su30MKM mereka dengan memasang SAP-518, aneka rudal R27xx, R77xx, R73/74x, KH31x sampai KH-29x dan katanya sedang kerjasama dengan india agar bisa menembakan bramos.

    Skadron Su-30MKM malaysia adalah salah satu yang terbaik di dunia hanya satu kekurangan mereka, yaitu jumlah pesawat Su30MKM yang mereka beli hanya 1 skadron saja. Akan sangat berbahaya bagi kawasan jika Malaysia memperbanyak Su30MKM mereka mejadi 4 skadron dan membeli 2 skadron Su35 apalagi jika berlanjut pada pembelian 1 skadron Su50.

    dengan spesifikasi teknis yang dimiliki, 1 skadron Su30MKM yang sekarang malasyia miliki, malasyia bisa membuat semua F-16 indonesia menjadi bebek goreng yang renyah.

    • mantap bener nih pesawat jiran, tapi. ….kenapa ibu2 arisan disini pada ketawa…ya? Coba bagaimana pendapat para tukang jam?

      • sedilit cuplikan dari postingan bung strio:
        MKM banyak masalah terutama dengan masalah Readynes pesawatnya berkaitan dengan gado gadonya peralatan avionik yang diusung dan terintegrasinya,
        AU rusia pun Mengupgrade SU 30 nya seperti milik kita Su 30 MK 2.kok bukan meniru MKM dan MKI yaa ?? hehehehe
        Dan kita selalu ingin mendapatkan yang sperti yang digunakan rusia bukan monkeymodelnya.
        Jadi JANGAN HERAN bila kita tidak tertarik pada Su 35 BM seperti yang diinginkan malaysia dan bila suatu saat nanti Malayasia sudah diijinkan oleh rusia membeli SU35 BM (sementara sekarang ini masih ditolak) tentunya kita gak memilih yang monkey model dong
        Pantaslah tuk skill para joky kita bermanuver denga SU 35 S bukan denga SU 35 BM

      • gimana ga ketawa?

        A Su-30MKM’s Ejection Seat was accidentally ejected

        Kuala Lumpur, KLS: The Royal Malaysian Air Force confirmed a report that a Su-30MKM’s K-36 series ejection seat was accidentally ejected on the ground two years ago.

        “Yes, the incident happened on 8 September 2008,”Chief of Malaysian Air Force General Rodzali bin Daud told KLS.

        What KLS understood is there is different thoughts exist between the RMAF’s personnel and Sukhoi company in maintaining and operating Su-30MKMs that resulted in several damages and incidents happened.

        The RMAF admitted recently that two Su-30MKM’s engines were damaged by FOD. Apart from that, KLS understood that the FOD including birds.

        This ejection seat accidentally ejected incident has caused damages to the aircraft and certain amount of financial lost.

        Rodzali said the RMAF had carried out the Board of Inquiry (BOI) and several steps had been taken to get Rosoboronexport to compensate for damages incurred by the RMAF.

        http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

        • tambahan lagi, dalam setiap latihan elang malindo, tembakan ke darat selalu miss. meskipun tidak pakai sukhoi. beda waktu latihan ma pilot singapur, masih bisa ngejar kemampuan pilot tni-au, sedikit selisihnya…

    • ah ngak juga… pilot malaysia ngebom gerilyawan sulu aja ngak becus…

      • Sepertinya yang dipakai adalah untuk mengebom pejuang Sulu adalah F-18 Hornet

        • maaf mbah Moel, walaupun bukan sukhoi tetap saja itu memperlihatkan rendahnya kualitas pilot pespurnya…

          • Hahahahaa…
            kalau diamati atau mungkin “diteliti” ternyata mayoritas perwira tentara Malaysia khususnya pilot Malaysia tidak direkrut dari orang-orang terbaik Malaysia tetapi dicomot dari kekerabatan dengan para raja/sultan/darah birunya kerajaan Malaysia. itulah kenapa mereka mayoritas tidak terlalu bernyali

          • @ mbah moel, haha, maklum, disana siapa yg kluarga raja dia yg brkuasa. Mau jadi apa aja bisa..

    • Hihihi, Malaysia di forum forum airliners di bully melulu. Gara-garanya udah tau pesawat MH370 berbelok dan menuju Andaman, tapi diem aja gak segera di intercept sama Sukhoi nya. Lagi tidur kali ya, atau gak bisa baca radar nya ? Buang buang duit dan waktu nyari di Laut China Selatan, padahal pesawat nya menuju Ke Samudra India.

    • Sedangkan Indonesia bisa membuat pespur Malaysia menjadi sambal goreng yg pedas

    • kenapa anda membanding su-30 mkm dengan f16 blok 15?? yang jelas-jelas keduanya beda kelas. kenapa anda tidak membandingkan su-30 mkm dengan su-27/30 mk2??

      • Maaf koment saya untuk mbah moel…

        • karena untuk saat ini, pesawat penjaga langit Indonesia bagian barat adalah F-16 bekas yang dibeli dari Amerika

          • Bekaspun itu tp kan udh di upgrade…setara block 52…
            Hebatpun pesawatnya kalo pilotnya gak ahli ya sama aja…
            Justru sy yakin pilot2 kita lebih baik

          • $31.5 juta per unit untuk refurbish dan upgrades, pesawatnya kan gratis 🙂 itu gede lho, soalnya F-16 blok 52 RSAF saja upgrade teknis dan persenjataan menghabiskan sekitar $33-35 juta USD per unitnya

          • Mbah moel….
            Pesawat bekas f16 asal usa apa sudah datang???
            Kok anda berani bilang penjaga barat “ SAAT INI ” adalah pesawat bekas..

          • Bung Ryu : setauku dijadikan mirip blok 32+

            Bung Nowyoudont : sepertinya untuk harga itu relative. tapi kalau Indonesia dipaksa beli dengan harga segitu dengan kualitas “cuma” blok 32+, memangnya Indonesia berani bilang “TIDAK”

            Bung Patech : benar. F-16 bekas belum datang katanya oktober baru ada beberapa, yang benar pekanbaru dijaga F-16 lama (blok 25) dan di pontianak ada hawk 100/200. mungkin saya salah memakai kata “saat ini” mungkin yang benar, tahun ini dan beberapa tahun kedepan.

      • Kembali ke filosofi man “behind the gun” mencoba menjelaskan dengan bahasa gampang

        Rool F 16 adalah air superiority diciptakan sebagai pesawat lincah pengawal F 15 yang besar dan berat setype Su30 MKM
        Sedangkan SU 30 MKM adalah multy rool dengan kemampuan kedua maritim strike.. lihat MKM itu memakai canard menunjukan pesawat itu berat dan untuk manuverbitynya tetap oke harus ditambahi canard ..resikonya RCS nya makin gede .

        Analoginya mengajak balapan drifting mobil hatchbag yaris dengan sedan premium mercy type S
        Kalau Jokynya sekelas Bung erick memakai F 16 Blok 32++ kagak bakalan mundur melawan Su 30 MKM
        Kadang bebek goreng yang renyah bisa merepotkan dengan nyempil menusuk gusi disela sela gigi

        Su 30 MKI ataupun SU 30 MKM kagak bakalan sukses untuk menggotong Brahmos yang berat,
        kalau dipaksakan kemampuan manuverbility nya akan drop 50 persen
        Brahmos hanya bisa digotong sekelas Fullback SU 34

        makanyaa bung erick ngebet mau beli hehehehe
        maaf analisa ngawur saja

        • Ada banyak informasi yang menyebutkan bahwa justru Su-30 jauh lebih gesit dibandingkan dengan F-16.

          Dengan kondisi sekarang, dimana bahwa Indonesia barat belum ada radar militer jarak jauh, belum ada jebakan SAM, memaksakan diri melawan SU-30 MKM dengan F-16 bekas adalah sama dengan mati konyol

          • Mbah moel harus lihat sejarahnya
            Kenapa John boyd menciptakan F 16 disaat dia kurang puas dengan F 15 yang baru selesai didesain oleh dia,

            Kalau sibadai datang yang pasti akan mencover are barat sebagai pemukul dan mampu menandingi hornet,fulcrum,flanker,,falcon,dan eagel

          • Setauku, sejarah pembuatan F-16 adalah untuk dijual seperti F-5. tetapi ternyata akhirnya justru dipakai sebagai pesawat ringan andalan pertahanan AS dan dipaksakan untuk dipakai NATO

        • Setauku, pesawat Malaysia yang diupgrade untuk menggotong Bramos adalah MIG-29 yang tujuan utamanya adalah untuk menenggelamkan kapal permukaan ( van speijk class dan sejenisnya ) dan menghajar stasiun radar + markas komando. malaysia sepertinya ditawari oleh Russia untuk mengubah MIG-29 menjadi bomber serang dengan kualitas mendekati SU-34.

          pesawat pengawalnya tetap SU-30 MKM atau F-18 Hornet

          • setahu saya itu karena rusia menolak permohonan malaysia untuk membeli SU34/35.. karena alasan kecendrungan malaysia terhadap barat.

          • …dan sumbernya dikutip dari ‘setauku” 🙂

    • Cerita lngkapnya gimana tuh bung Nara?

    • belum dengar berita Russia mutung karena SAP-518 karena jerman yang anggota NATO juga memiliki 1 skadron Su-30 + SAP-518.

      Pilot Malaysia memang kadang aneh tetapi saat ini mereka memang sedang bangga dengan kemampuan BVR yang mereka miliki. mungkin mereka berpikir cuma patroli di masa damai saja sehingga memerlukan bahan bakar tambahan dan hanya dipersenjatai 2 rudal jarak pendek saja

      • tambahan,
        untuk anggota NATO dalam setiap latihan perang : red is bad guy, blue is good guy
        di Rusia & China : red is good guy, blue is bad guy

        kesamaan dari 2 blok adalah dalam latihan tim yang bertahan biasanya diisi para veteran dibanding tim agressor yang biasanya masih rookie

  10. Ahhhh……… kayak nggak tahu india aja gan,!!
    Saya sering bisnis dg orang india,
    Jika mereka ingin berbisnis selalu ingin yang terbaik tetapi dg harga yang paling murah,dan terlalu banyak compalain,

  11. Gara2 pakai spare part third party he..he. Makanya pakai yang ori :p

  12. Makanya…..bener Pakistan, enggak usah nyiapin obat2 patent cukup duduk2 manis sambil ngopi aja sambil melihat…..alutsista Indihe rontok satu persatu..

  13. biasanya yang dimaksud dengan peti mati terbang adalah pesawat MIG-21 karena sampai saat ini masih banyak yang memakai terutama India

  14. Bung @Nara, gimana kabar terakhir kontrak pembelian Rafale oleh India ? Ane baca berita, salah satu kondisi yang membuat Dassault enggan dengan kontrak 126 perspur ini adalah, 108 diantara nya harus di bangun di India.Melihat rame nya pembicaraan mengenai kontrak ini, tapi stall sampe 2 tahun membuat banyak orang pesimis kontrak pembelian bakal terjadi.
    Sedangkan buat Indonesia, apakah bakal ada disclosure pembelian ini ? Ane berharap sebenarnya tidak usah gembar gembor sebelum final contract dah di buat. Jadi tiba-tiba berita dimana-mana membuat panas kawasan. Menarik membaca rencana Malaysia untuk lease pespur, yang masukin proposal hanya Eurofighter, Gripen, F18. Sementara, Sukhoi dan Dassault jelas jelas menolak pola leasing seperti ini.
    http://indiandefence.com/threads/three-fighter-jet-makers-to-submit-leasing-bids.44486/

    Berita ini jadi pas, kalau Indonesia sudah berencana beli Rafale, sehingga Dassault tidak terlalu ngebet untuk masukin proposal ke Malaysia.

    Pertanyaan terakhir, kenapa kita tidak tertarik dengan MIG-35 ? on paper kayaknya impressive banget tuh pespur, bisa menjadi pelengkap buat Sukhoi family yang lebih gedhe, dan tentunya boros bahan bakar.

    • “outrageously non-sense requirement beyond comprehension” 😀 mentang2 tau Dassault lagi kepepet kali bung

    • rata2 pihak produsen berkeberatan dengan unit mereka yang diacak2 oleh vijay. jika terjadi ketidaksinkronan fungsi yang disalahkan adalah pihak manufaktur. dalam pemrogamanpun tidaklah mudah membuat interfacenya. meskipun bisa berfungsi baik pada saat trial belum tentu berfungsi normal di beberapa kondisi normal load apalagi di kondisi khusus. itulah mengapa us selalu melarang semua pespur mereka yang dibeli oleh negara lain diotak-atik. dan itu sebagai salah satu klausul dari pembelian (afaik).

    • Sepertinya MIG-35 tidaklah terlalu bisa diandalkan karena dalam perang Ethiopia dan Eritrea, MIG-29 Eritrea rontok oleh SU-27 Ethiopia

      • mungkin untuk mengetahuinya, bisa melihat AU Russia, mayoritas mereka pakai yang mana.

        Sedikit informasi, Russia mengirim 6 Su-27 ke Belarus karena Polandia kedatangan 12 F-16 Amerika. Russia memilih Sukhoi untuk menentramkan keresahan Belarus.

      • setau ane skill pilot su-27 nya lbh maknyus bung ( gak blh manggil kang he,he,he )….4 mig 29 shot down in extremely closed quarter knife fight……cuman pilot2 ace nyang bisa memenangkan pertempuran macam ini…pake cmiiw ah……he,he,he

    • Memang selama ini ada negara yang bangkrut
      terus membubarkan diri ?

    • Ah….jadi duri dalam daging nantinya…mirip timor leste….nda usah saja.

    • Hahaha….. mungkin mirip2 Uni soviet lah om satrio..
      Tapi uni soviet dengan malaysia beda… Uni Soviet mewariskan arsenal2 nuklir dan ribuan pesawat terbang, serta ribuan alutsista yang juga ready to use (selain miliaran utang tentunya), serta dahsyatnya luas wilayahnya, sehingga untuk menginvasi Uni Soviet pasca bubar adalah hal yang sangat berat karena membutuhkan jumlah personil dan mesin perang yang lumayan banyak. (Belajar dari hitler saat perang dunia II, mengerahkan jutaan prajurit, dan ribuan alutsista ====> tetap kalah, karena faktor medan perang dan musim dingin yang hebat, serta daerah yang luar biasa luas)

      Beda dengan malaysia…
      faktor besar pendukung malaysia hanyalah keanggotaan nya di FPDA dan kenggotaannya sebagai negara2 bekas jajahan inggris! (yang diberi kado kemerdekaan pada silver plate)

      Tapi kalo Cina gelap mata kayak Rusia dalam mengakuisisi Crimea, bisa berlaku terhadap malaysia (tanpa peduli malasya anggota geng bandit apa ataupun bekas jajahan alien sekalipun), apalagi mereka sedang emosi2nya terhadap malaysia yang tidak becus dalam manajemen penanganan jatuhnya pesawt mh370 nya itu. dengan menguasai malasya, wilayah cina bisa bertambah hingga LCS yang luasnya jutaan kilometer persegi, plus penguasaan selat malaka!

    • wah sayang dong kalo kita kehilangan negara “serumpun” 🙂 , nah kalo china mau ngambil serawak baru kita bertindak,bagaimanapun serawak masih berkerabatan etnis dan budaya dengan kita. lebih aman kalo serawak memilih sendiri mau bergabung atau merdeka, daripada jadi duri nanti.

  15. pesawat tempur adalah produk teknologi tinggi dan mahal
    india…oh india…moga2 kedepanya akan lebih baik,dan para teknisi kita dapat belajar dari kasus ini
    kuch kuch hotta hai

  16. Apapun yang india lakukan. Mungkin ada yg perlu kita contoh. Yaitu kegigihan mereka dalam kemandirian alutsista.

    • setuju bung,

      india salah satu negera power yang sedang meningkatkan level, pemerintah dan rakyat india sangat bersatu dalam kemandirian contohnya bidang iptek, dimana2 kalau kita lihat mesti ada sdm dari india,

      dan saya yakin india akan mendapatkan alutistas dalam kemandiriannya

      maaf cucuc lancang

    • bijak skali , ada niat ada jalan meski kata orang ada uang ada barang

  17. Kemungkinan besar Su-30 MKM milik Malaysia akan bernasib sama dgn sprti ini. Ane sudah sring dengar mngenai kesulitan sparepart untuk Su-30 MKM mereka.

    • Jangan terlalu meremehkan musuh Bung,

      Kondisi skadron Su-30 MKM mereka dalam kondisi sehat wal afiat. mungkin yang dimaksud itu adalah armada MIG-29 yang memang kondisinya sedikit tertinggal. tetapi sepertinya mereka berusaha mengupgradenya

  18. Bung Nowy, mungkin tertarik untuk dijadiin bahan diskusi…

    Lapan Kunjungi China
    http://lapan.go.id/index.php/subblog/read/2014/529/Delegasi-Lapan-Kunjungi-China/berita

  19. Jadi masalahnya ada di mana? Lyulka? Elbit? Thales? Phazotron? atau apa?

  20. Maaf semalem publish langsung tidur 😀

    Yang menarik adalah adanya kendala dalam perawatan Sukhoi India dan hubungannya dengan rencana TNI AU mendatangkan Su-35. India saja yang membeli 272 unit Su-30 dan bergabung dalam program pengmbangan Pakfa mengalami kesulitan dalam maintenance pesawat, bagaimana solusi Indonesia menghadapi ‘kendala’ gaya aftersales Russia?

    apakah teknisi kita lebih mampu dari teknisi India? apakah rencana Su-35 ada hubungannya dengan berita kerjasama Sukhoi dengan PT.DI dalam pengembangan pesawat penumpang? atau adakah teknisi spesialis dari Rusia yang akan berbasis di Indonesia?

    • Berarti dimata Rusia bahwa Indonesia adlh pasar yg lebih “special” dari pada India ya bung? Mngkin bisa di artikan bgtu. Dan jika itu benar, brrti memang alutsista yg kita beli dari Rusia bukan hanya alutsista yg selama ini kita tau…

      Analisa awam

      • Dari segi potensi pasar India jauh lebih menggiurkan, India adalah pembelanja senjata (asing) no 1 dunia, lagipula nyaris 70% persenjataan India masih bergantung pada Russia. Hanya saja tentu lebih enak jika deal sama-sama menguntungkan. IMHO bagi industri senjata Russia lebih menguntungkan jika tidak ada kerahasiaan kerjasama militer dengan negara lain, hingga bisa pamer dan jadi promosi. Tappi dengan perjanjian kerahasiaan memang berita resmi mungkin akan telat muncul atau tidak akan dirilis sama sekali.

        Entah dengan Rafale. Jika jadi saya tidak akan heran jika permintaan Dassault adalah tidak merahasiakan penjualan, soalnya mereka sedang benar2 butuh tambahan tenaga untuk mendorong penjualan pesawat mereka yang gagal dimana-mana. Kecuali tentu jika dengan perancis-pun dbuat perjanjian kerahasiaan 😀

        • Saya sepakat, publikasi itu diperlukan. Rahasianya cukup sampai kontrak ditanda tanganin sampai dengan pengiriman batch pertama Kalau dah mengudara di langit Nusantara, baik nya di publikasikan. Dampak nya cukup signifikan bagi kedua belah negara.

      • @bung BRICI

        saya kurang setuju kalau indonesia lebih potensial dari india,
        kalau dilihat:

        1.secara ekonomi kemajuan india lebih dari indonesia
        kalau untuk pembelian alutista jelas india besar2an karena pemerintah,parlemen dan rakyatnya sangat mendukung
        2.secara IPTEK, india lebih maju dari indonesia ( maaf bukan merendahkan,CMIIW)
        SDM india sangat mumpuni, contohnya Brahmos india sudah sangat bisa cepat menguasai teknologi
        3.hankam, kawasan india ( pakistan-india )
        jelaslah dimana negara power barat-timur sangat senang dengan market seperti ini , kawasan tidak stabil sangat menguntungkan untuk “menjual” dan sekaligus mengujicobakan secara real kemampuan teknologinya

        menurut saya kehati2an rusky pada india didasarkan :
        1.kemampuan iptek dan sdm yang dimiliki india sangat riskan untuk mengubah market alutista kemudian hari seperti halnya negeri panda
        2.india sangat jeli ( mungkin ada yang salah satu bung diatas bilang minta murah berkualitas)
        3.kecondongan india dengan pihak barat menimbulkan kekwatiran pihak rusky bila suatu saat india akan menjadi seperti china dalam alutista serta kemandiriannya, tentunya akan mengubah peta dan pergeseran seperi china.

        penambahan kekuatan yang akan datang dengan kemandiriannya:
        china dan india
        kedua negara ini sangat amat api dalam sekam, walalupun kelihatan tenang….
        bila terjadi konflik secara provokasi tentunya sangat mengganggu secara langsung wilayah rusky.

        cmiiw

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

    • Sepertinya dengan Indonesia, Russia sudah bekerjasama pusat maintenance Sukhoi. tetapi tidak disebutkan sampai sejauh mana maintenance yang dimaksud. karena pembelian sukhoi indonesia masih terbilang kecil

  21. waalaikum salam.
    mungkin bung Satrio atau bung Nara bisa bantu. Saya pernah denger ceritanya tapi ya dari info rekan2 forumer 🙂

  22. Bung Satrio, Bung Nara,
    Ane tunggu ulasan nya ya..

    Trims..

    • Versi hoax nya bung upil ipil ane gk ngrti bung… hehe

    • Bung Satrio,
      berarti pesawatnya dah masuk di Indonesia ya? Cuman blm di publish?

    • bener sekali bung pembelian arsenal disetiap negara khususya nkri tentunya tidak hanya melihat berapa dia mampu dan bagaimana teknologinya, tapi retorika maupun psy war pengadaaan alutista juga penting ,disitulah akan terlihat kemampuan dari pengambil kebijakan sejauh mana dan secerdas mana dia dibanding tetangga.

      seperti dalam cerita dalam kerajaan panda , dimana peperangan bisa dilihat dari panglima perang masing2 bermain catur(catur china apa yah 😀 ), disitu terlihat salah satu panglima kalah dalam bermain karena kalah strategi, panglima tersebut tidak terima dan tidak percaya akan hal ini dan menyatakan perang kepada panglima yang menjadi lawan catur nya, akhirnya kenyataan pahit itu terbukti dengan hasil catur dan peperangan.(cuma cerita lupa saya )

      intinya petinggi nanti yang di ring 1 suatu saat tidak hanya mengandalkan berapa banyak uang yang dipegang untuk membeli alutista tapi juga harus cerdik,cermat dan cerdas.

      CMIIW

      cuma cerita
      maaf cucu lancang

    • Matur nuwun Bung Nara u/ responnya

      Ssssttttt…… koreksi nya jgn terlalu detail bung nara, namanya juga HOAX dari saya.

      Kenapa om putin ga risau ya? Setelah tau sukronya di lock sama alien.

      Padahal waktu ssj100 nabrak gunung, doi marah besar.

      Apa karena papah panda lg mesra dengan uncle napoleon dengan situasi”rusia memesan kapal angkut heli dan amphibios dari perancis”.

      Bung nara….. koreksinya jgn bagus2 ya. Wong ini HOAX.

      Salam damai dan tetap BERSATU

    • sepertinya bagus nih cerita nya bung…salam 🙂

  23. Ulasan diatas sungguh sgt menarik utk dijadikan pengalaman bagi kita:
    1. Utk pengadaan alutsista hrs dipikirkan kedepannya kemandirian maintenance dan logisticnya. Disertai juga peningkatan kemampuan teknisi kita utk maintenance tsb.
    2. Pembuatan alutsista pasti membutuhkan waktu riset yg lama dan hrs sdh diuji kemampuannya. Tambal sulam spt su 30mki india sgt rawan sekali krn tdk mungkin semua peralatan nyambung satu sama lain walaupun msg2 mrpkan brg yg sgt canggih dan handal.
    3. Taktik indonesia yg membeli sukhoi sama spt yg dipakai rusia sgt tepat sekali krn tdk mungkin rusia sbg negara produsen memakai yg abal2.
    4. Dlm setiap kontrak pengadaan alutsista hukumnya wajib utk tot maintenance dan mungkin sparepartnya jg kalau bisa.
    5. Kemampuan awak kita juga hrs ditingkatkan selain teknisinya tsb. Krn sgt mubazir alutsista yg dibeli tapi para awak kita tdk mahir menggunakannya. Latihan hrs slalu dilakukan.

  24. Semoga Kemesraan Mr.Putin-Bpk Sby berlanjut dg penggantinya kelak,Berhrp sekali Pengantinya nti bs bkin Senyum Mr Putin Tersenyum simpul ketika menerima Met Ultah Dr Bpk.Sby mpe Pejabat negara pd ikut2an menyanyiknnya..Da kebanggaan dihtiku..Intinya Beruang sneng Kita bs mnta apapun yg kita mau..he..he..Cuma canda aja..

    • engga akan berlanjut bung.. pak sby habis masa jabatannya tahun ini.
      kecuali, pak sby calon jadi RI-1 lagi tahun 2019….
      Satu vote buat pak SBY dari saya jika maju lagi tahun 2019!!!!!!

      • Undang Undangnya tidak memungkinkan
        yang pasti memang harus lengser

      • Pak SBY punya banyak kelebihan dan kekurangan. Tidak elok membicarakan kekurangannya, makanya saya akan ngomong kelebihan beliau. Pak SBY adalah ahli strategis luar biasa menurut pendapat ane. Cara beliau menangani masalah Australia cukup cerdas. Begitu pula ketika John Kerry beberapa waktu yang lalu datang ke Jakarta, Pak SBY justru pergi ke Bali. Isu penyadapan ditangani dengan serius karena itu berkaitan dengan martabat bangsa. Fondasi kekuatan militer yang di bangun oleh beliau saya pikir sudah dipersiapkan jauh hari, sehingga siapapun presiden nya, rencana pembelian alutista sudah di tandatangani.

        Saya melihat, Jenderal Moeldoko punya kualitas untuk menjadi pemimpin Indonesia berikut nya. Mungkin 2019, walaupun agak sayang jika beliau tidak jadi, setidak nya wapres. Just my two cent !

    • siapapun nanti yang terpilih untuk memimpin NKRI harus mesra dengan negara manapun baik barat-timur

      GNB tetap harus di pegang teguh…..

      #diam bukan berarti lemah,kuat bukan berarti “agresor”#

      cuma saran
      maaf cucu lancang

  25. Kalimantan bro..S300 pny efek deterrent lngsung jk bersinggungan dg prbtsn terutama Negara jaguh selain mengkover pulau2 sekitarnya antaralain karang unarang,ambalat,or anabas & natuna jk ditm4kn di Kalbar &Kaltim…Cm hrpn Org Prbtsn yg lngsung dpt dampak peperangan it sndri…Mf

    • tnang saja bung.. sekarang khan TNI deploy pasukan ke kalimantan. dan pembangunan basis militer baru, juga mengactivkan lgi group2 diperbatasan dengan tambahan alusissta..:D

  26. Bung Satrio
    Kapan ulasan matra laut yg terbaru, mengingat sudah adanya lampu hijau utk tambahan yg 11 T nya.

  27. ijinkan saya jadi eSeR aja…

  28. maaf buat para suhu mau nanya,itu diberita yahoo tni memadamkan kebakaran di dumai dng heli kamov dan sikorsky,penasaran ane itu heli punya siapa ya?

  29. Jin Rafa, Su 35, S-300….
    Harap2…. berdegup…..

  30. bung nara ternyata pintar menghindar dari pancengan ane he he he klo udah super secret nggak keluar bocorannya, cuman tu es telungatus bawanya gmn ya? Khan kelatan banget klo dijalanan di jawa, kecuali klo di kalimantan, papua, sumatra.
    Amrik tau apa nggak ya dari citra satelit?

  31. Posisi Deploy ES TELER 300 di pulau jawa adalah ?

    Jauh dari efek patahan pacifik, deket sama gunung yang sudah tidak aktif, terkamuflase oleh hutan, dijaga oleh satu group atau lebih pasukan elit TNI Yang menyamar sebagai rakyat jelata. Dan pastinya dijaga oleh pasukan Ghaib.

    Ini 1000% HOAX.

    Salam Damai dan tetap BERSATU.

  32. Karena indonesia sudah membuktikan kehebatabya di pitc black,itupun masih separo ,sekali lagi man behind the gun indonesia lebih bjisa dipercaya dibanding sebelah,

    Dan untuk su 35.indonesia ditawari lebih dulu kayaknya . Hehe setelah berhasil membuktikan di ajang pitch black..
    Maaf kalao oot

  33. Dr sisi detterance mmg pswt2 produk rusia lbh gahar di banding produk barat. Namun dr sisi operasional ternyata pswt rusia lbh rewel. Life time spare pswt rusia lbh pendek di banding pswt barat. Contoh life time engine sukhoi hanya 500 jam terbang. Bandingkan dg engine F16 yg mampu bertahan hingga 3000 jam terbang. Bahkan rekan AU di mksr menyampaikan klo satu item spare satu pswt blm tentu sama ukurannya dg spare yg sama di pswt yg lain. Spare A pd pswt 3001 blm tentu bs dipasang pd 3002 atau sebaliknya. Merawat sukhoi jauh lbh berat dg merawat F16. Kalaupun petinggi AU ttp mempertahankan pilihan utk mengganti armada barat yg sdh ageing dg armada rusia lbh karena AU tdk ingin jatuh dlm lubang yg sama ketika di embargo dg pihak barat.

  34. yg suka jelek”in produk rusia paling si BHASKORO AJI WIBOWO jamaah western strong

  35. eh, bung meleketech ada juga di JKGR…?!?

 Leave a Reply