Pakistan Ingin Memperoleh Tiga AEW&C “Erieye” Baru

Pesawat AEW&C Saab 2000 Erieye Angkatan Udara Pakistan. © Defence.pk

Angkatan Udara Pakistan (PAF) telah meluncurkan sebuah proses untuk mendapatkan tiga unit pesawat peringatan dini dan kendali udara (AEW&C) Saab 2000 Erieye baru, seperti di lansir dari Defence Blog.

Menurut Defence Blog, Kepala Staf Angkatan Udara Pakistan Marshal Sohail Aman berkata bahwa pesawat pertama akan dikirim pada bulan Desember sementara dua unit lainnya akan tiba tahun depan.

Ketiga pesawat AEW&C tersebut akan menambah jumlah armada AEW&C Angkatan Udara Pakistan, yang saat ini terdiri dari 3 unit Saab 2000 Erieye yang melayani 3 Skuadron dan 4 unit ZDK-03 yang melayani 4 Skuadron.

Sistem AEW&C Saab 2000 Erieye menyediakan peringatan dini & kontrol udara dan kinerja cepat yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat.

Pesawat yang dilengkapi dengan peringatan dini dan pengendalian udara juga bisa digunakan untuk misi keamanan nasional, kontrol perbatasan, komando dan kendali udara, koordinasi manajemen bencana dan pengendalian lalu lintas udara darurat.

Saab mengeluarkan siaran pers pada tanggal 15 Mei lalu yang mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak pengadaan AEW&C senilai US $ 120 juta, dengan pengiriman dilakukan dari tahun 2017 sampai 2020.