Drone QF-16 Dirancang Untuk Mendukung Operasi F-35

Tiga unit jet tempur F-16 yang telah dikonversi menjadi drone QF-16, dirancang untuk mendukung misi F-35. © US Air Force

Menurut kabar terbaru,   tiga unit drone tempur QF-16 telah dikerahkan menuju Pangkalan Angkatan Udara (AFB) Edwards di California, untuk mendukung Tim Uji Operasional F-35 (JOTT) sesuai dengan rencana pengujian yang ada, seperti dilansir dari Combat Aircraft.

“Kami sedang mempersiapkan evaluasi dan pengujian operasional awal (IOT&E) yang akan dimulai tahun depan’, kata Matt Feringa, analis senior sistem taktis JOTT F-35.

Feringa menambahkan, bahwa bagian dari misi QF-16 adalah membawa pod jamming radar. Kita menerbangkan F-35 dengan drone QF-16 sebagai bagian dari pengembangan desain uji, dan untuk mengevaluasi F-35 terhadap pod jamming sebelumnya.

JOTT yang terdapat pada Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California adalah bagian dari perusahaan patungan yang melakukan uji operasional dan evaluasi Joint Strike Fighter F-35.

Unit ini terdiri dari semua layanan AS yang akan mengoperasikan varian F-35 yang berbeda bersama dengan mitra koalisi seperti Inggris dan Belanda yang juga akan mengoperasikan JSF tersebut.

Feringa mengatakan bahwa drone QF-16 tersebut akan berada disana selama 2 minggu dan JOTT telah menerima data yang bagus untuk terus maju dengan rencana pengujian mereka. Untuk tujuan pengujian JOTT tersebut, QF-16 akan diterbangkan oleh para pilot dari ATRS ke-82.

0 Shares

Tinggalkan komentar