J-11BH, Pesawat Tempur Angkatan Laut China Paling Berbahaya

(Photo : Sina.com)

Ada yang tidak biasa pada foto yang dirilis oleh media Sina, terlihat pesawat tempur J-11BH Angkatan Laut China melakukan manuver terbang sangat rendah menyusuri permukaan laut.

Manuver tersebut sangat ampuh untuk menghindari radar kapal perang musuh yang dilengkapi sistem rudal pertahanan udara jarak jauh.

Manuver terbang sangat rendah seperti ‘menempel’ permukaan laut, selain membuat pesawat tempur tidak terdeteksi radar, juga dapat lebih mendekati target sambil meluncurkan rudal anti-kapal dan kemudian naik tinggi untuk terus melepaskan beberapa tembakan rudal anti kapal sebelum kemudian dapat berputar kembali ke pangkalan setelah berhasil melakukan misi penghancuran kapal perang musuh.

Menurut foto yang dirilis di atas, J-11BH terbang hanya berjarak beberapa meter dari permukaan laut, menunjukkan peningkatan keterampilan pilot China mengendalikan pesawat tempurnya benar-benar begitu mengejutkan.

J-11BH adalah salah satu varian dari pesawat tempur J-11B yang diproduksi secara eksklusif oleh Shenyang Aviation Industry untuk Skuadron Udara Angkatan Laut Cina.

J-11BH yang merupakan salah satu varian tercanggih dari J-11B ‘kloningan’ dari Su-27 Rusia. Selain menggunakan mesin WS-10A buatan dalam negeri, kokpit dengan glass cockpit generasi terbaru, J-11BH juga menggunakan airframe yang terbuat dari bahan komposit khusus yang mampu mengurangi refleksi radar.

Dengan segala kelebihannya, J-11BH diklaim memiliki kemampuan sebanding dengan Su-27SM3 milik Angkatan Udara Rusia, bahkan lebih unggul di masa depan jika sudah ditingkatkan dengan radar Active Electronically Scanned Array (AESA).

Memiliki sejumlah besar pesawat tempur modern dan dengan pilot yang berkualitas, Skuadron Udara Angkatan Laut China jelas akan menjadi kekuatan yang sangat berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh oleh negara manapun, termasuk oleh Angkatan Laut kuat dari AS dan Jepang.

Tags:

Leave a Reply