India Jadikan Challakere Sebagai Rumah Bagi HAL AMCA

Sebuah render jet tempur masa depan India, HAL AMCA. © HAL

Lapangan Uji Aeronautika (ATR) Challakere adalah alamat baru untuk pengujian platform berawak dan tak berawak masa depan India. Mulai sekarang,  jet tempur ataupun platform tak berawak akan menhabiskan waktu di atas langit Challakere, melakukan sejumlah tugas untuk meningkatkan kesiapan militer India, seperti dilansir dari Mathrubhumi.

Berjarak sekitar 250 km dari Bengaluru,  Aeronautical Test Range (ATR) yang diresmikan hari Minggu, 28 Mei 2017, segera menjadi rumah bagi   proyek-proyek aeronautika DRDO yang sedang berlangsung saat ini dan yang akan datang.  Bersama  dengan  Organisasi Riset Luar Angkasa, Pusat Penelitian Atom Bhabha dan Institut Sains India juga akan berada di Challakere.

Pejabat DRDO mengatakan bahwa landasan pacu di fasilitas tersebut akan diperpanjang jadi 3,2 km pada pengembangan Tahap-2, karena saat ini hanya 2,2 km. Hangar tambahan dan teknologi generasi berikutnya dipasang pada ATR tersebut.

“Pada saat LCA Tejas Mk-2 siap, ATR akan mempersiapkan landasan pacu yang panjang dan fasilitas lain yang dibutuhkan untuk operasi tempur. Tepi sebelum itu, semoga AEW&C akan memulai misinya dari sini. Kami mencoba yang terbaik untuk mempersiapkan semua sejak awal”, kata seorang pejabat di Pusat Sistem Penerbangan.

Pilot AEW&C melakukan beberapa upaya sebagai bagian dari persiapan mereka menjelang pelantikan landasan di ATR dengan opsi lepas landas yang curam.

Pejabat itu menambahkan, bahwa ketika merencanakan ATR, mereka mengingat kebutuhan AMCA dan UCAV juga. ATR ini memiliki banyak kegunaan dan tidak hanya untuk platform terbang saja. Mereka juga akan menggunakan fasilitas itu untuk menguji sistem peperangan elektronika”, kata pejabat tersebut.