Menteri Pertahanan: Kerjasama dengan Australia Tetap Dihentikan

Latihan Bersama Indonesia – Australia (JOCIT) di Darwin

Menteri Pertahanan: Kerjasama dengan Australia Tetap Dihentikan 1

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memastikan Indonesia tetap menghentikan kerjasama dengan Australia selama belum ada komitmen dari Australia untuk memperbaiki ketegangan saat ini. “Kerjasama akan terus kami stop selama belum ada perubahan substansial,” ujar Menteri Pertahanan dalam konferensi pers di Gedung DPR, Kamis 28 November 2013.

Kerjasama yang dihentikan, antara lain tukar menukar informasi intelijen, dan menghentikan latihan bersama TNI dan Australia. “Kita ada tiga bentuk latihan, yaitu latihan Kopassus di Lembang, latihan di Darwin, dan latihan Angkatan Laut Indonesia dan Australia di bidang counter terorism,” kata Purnomo Yusgiantoro.

Selain itu, Indonesia juga membatalkan kesepakatan yang dilakukan Perdana Menteri Australia Tonny Abbott dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai patroli gabungan Indonesia dan Australia di Armada Timur. “Sekarang armada timur melakukan patroli sesuai juklak yang ada. Kita melakukan sendiri-sendiri,” lanjur Purnomo.

Lalu sampai kapan penghentian kerjasama itu akan berakhir? “Sampai ada keputusan. Kita lihat perkembangan dari waktu ke waktu. Kalau tidak ada perkembangan lebih lanjut, kita akan tetap stop,” kata dia.

Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro (photo: Antara)

Menteri Pertahanan: Kerjasama dengan Australia Tetap Dihentikan 2

Menurut menteri Pertahanan, Indonesia tidak akan dirugikan sama sekali atas penghentian kerjasama itu dan kerjasama membutuhkan rasa saling percaya. “Kalau kita latihan bersama, yang diperlukan rasa percaya bersama. Bagaimana hal itu dilakukan kalau trust itu tidak ada. Sebaiknya diberhentikan sampai ada perkembangan lebih lanjut,” ujar Menhan.

Menurut Purnomo Yusgiantoro, Mabes Polri juga sudah menghentikan kerjasama di bidang: transnational crime dan terorisme, serta penampungan imigran gelap yang tujuannya adalah Australia.(Vivanews.com).

Leave a Reply