16 Pesawat C295W untuk Royal Canadian Air Force

Pesawat C-295W Canada (Airbusdefenceandspace.com)

Pemerintah Kanada menyediakan armada baru 16 pesawat twin-turboprop C295W yang dikonfigurasi untuk misi pencarian dan penyelamatan (SAR) dari Airbus Defense and Space untuk Royal Canadian Air Force.

Pesawat C295W yang baru akan digunakan untuk melakukan tugas SAR kritis di wilayah Atlantik Utara dan Arktik dan pegunungan.

Dijadwalkan dikirim antara tahun 2019 dan 2022, pesawat SAR C295W ditujukan untuk menggantikan armada pencarian dan penyelamatan Royal Canadian Air Force yang terdiri dari enam CC-115 Buffalo dan sepuluh pesawat Hercules CC-130H.

Airbus Defense and Space menerima kontrak perdana senilai $ 2,4 miliar dari Pemerintah Kanada pada bulan Desember 2016 untuk pengiriman 16 pesawat C295W dalam konfigurasi pencarian dan penyelamatan untuk program penggantian pesawat Fixed-Wing Search and Rescue (FWSAR).

Airbus akan menyediakan layanan dukungan teknik, pelatihan, pemeliharaan dan layanan service untuk pesawat terbang yang memiliki masa 11 tahun. Selain itu, perusahaan akan membangun kompleks pelatihan yang dilengkapi simulator di Comox, Kanada, untuk memberikan pelatihan bagi pilot C295W.

Pesawat pencari-penjelajah C295W milik Royal Canadian Air Force akan memiliki kabin bertekanan 41 kaki dengan luas lantai yang besar. Diawaki oleh dua pilot, dua personil teknis SAR, satu insinyur penerbangan dan satu perwira sistem tempur udara.

Pesawat ini memiliki desain fixed-wing dengan rentang sayap 25.81m dan area sayap 59m². Sayap dengan winglet akan meningkatkan efisiensi operasional pesawat terbang.

Pesawat C295W SAR akan menggabungkan sistem penglihatan malam hari (NVIS) – kokpit yang kompatibel dan suite avionik tingkat lanjut.

Dengan menampilkan head up display (HUD) dan sistem video yang disempurnakan (EVS), kokpit akan memberikan kesadaran situasional yang lebih baik, sehingga Angkatan Udara Royal Canadian melakukan misi pencarian dan penyelamatan lebih efektif dalam segala kondisi cuaca.

Avionik digital onboard akan memberikan keamanan penerbangan dan meningkatkan efektivitas misi, sekaligus mengurangi beban kerja pilot.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem misi FITS (Fully-Integrated Tactical System), yang mengintegrasikan informasi taktis dan sensor misi.

Pesawat C295W SAR Kanada akan dilengkapi dengan sistem pencitraan multi-sensor MX-15 di bawah hidungnya untuk melokalisasi, melacak, mengidentifikasi dan mendeteksi target pada siang / malam dan kondisi cuaca yang sulit.

Dikembangkan oleh L-3 Wescam, ayload system dapat menampung hingga enam pencitraan definisi tinggi dan sensor laser seperti pengintai laser, laser illuminator, dan kamera elektro optik / inframerah (EO / IR).

(Airbusdefenceandspace.com)

Roda pencarian multi-mode akan dipasang di bawah badan pesawat untuk memberikan bidang pandang 360 ° yang tidak terhalang. Ia dapat mendeteksi, mengenali, mengklasifikasi dan melacak objek darat dan air seperti kapal penangkap ikan, kapal dagang, perahu karet dan kerajinan kecil sampai jarak 200nm.

Pesawat SAR juga akan menampilkan sistem identifikasi otomatis (SIS) yang mampu mentransmisikan dan menerima pesan teks. AIS digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan pesawat terbang, kapal, instalasi berbasis darat, dan alat bantu navigasi dengan transponder AIS.

Pesawat Canadian C295W SAR akan didukung oleh dua mesin turboprop PWC 127G, masing-masing dbertenaga 2.750shp. Dipasang di sayap, masing-masing mesin menggerakkan baling-baling enam bilah, memberikan kemampuan manuver yang tinggi dan operasi yang disempurnakan dalam kondisi panas dan di ketinggian

Kecepatan jelajah tercepat dari pesawat pencarian dan penyelamatan C295W adalah 260kt dan ketinggian jelajah 25.000 kaki. Pesawat ini dirancang untuk menahan variasi suhu yang ekstrim.

Airforce-technology.com