Rusia Uji Coba Rudal Balistik Iskander-M di Tajikistan

Rusia telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak pendek (SRBM) Iskander-M selama latihan Anti Teror 2017 di Tajikistan. Ini merupakan pertama kalinya rudal balistik diluncurkan di luar wilayah Rusia, seperti dilansir dari Defence Blog.

Dalam tahap akhir latihan, Pasukan Rudal menghancurkan sasaran yang ditentukan sebagai markas teroris dari jarak 140 kilometer menggunakan rudal balistik Iskander-M. Musuh pun diserang menggunakan pesawat pembom strategis jarak jauh Tu-22M3 dan MLRS Uragan.

Menurut pengumuman ajudan Komandan Distrik Militer Rusia pada hari Kamis, 8 Mei 2017  di Yekaterinburg, pusat pemerintahan Sverdlovsk Oblast.

Kolonel Yaroslav Roshchupkin menambahkan bahwa peluncur roket multi-laras “Uragan” juga digunakan dalam latihan militer bersama yang diberi nama “Dushanbe-Antiteror 2017” yang berlangsung dari tanggal 30 Mei sampai 1 Juni di Tajikistan.

Iskander-M adalah sistem rudal balistik jarak pendek (SRBM) mobile yang dirancang untuk menghancurkan berbagai target darat pada jarak hingga 500 kilometer.