Home » Militer Indonesia » Helikopter Ka-52 Mesir Berkamuflase Gurun

Helikopter Ka-52 Mesir Berkamuflase Gurun

Helikopter serang Ka-52 “Aligator” Mesir bernomor lambung 312 terlihat dengan warna kamuflase gurun. © Hammer Head

Helikopter serang Ka-52 Aligator pertama dengan warna kamuflase gurun untuk Angkatan Udara Mesir terlihat sedang dalam perkembangan di pabrik Arsenyev, Rusia, seperti dilansir dari Defence Blog.

Departemen Pertahanan Mesir akan mendapatkan 46 unit helikopter tempur Ka-52 Alligator pada tahun 2017 hingga 2019. Pada bulan September 2016, Mesir dan Rusia telah meneken sebuah perjanjian pelatihan bagi para pilot Mesir untuk mengemudikan helikopter tempur Ka-52 di Rusia.

Helikopter tempur Ka-52 dilengkapi dengan empat cantelan di bawah sayapnya, yang dapat menggunakan peluru kendali anti-tank dipandu laser, roket, rudal udara-ke-udara, dan bom dipandu laser.

Helikopter ini didukung oleh dua mesin turboshaft VK-2500. Helikopter Ka-52K memiliki kecepatan jelajah 260 km/jam dan kecepatan maksimum 300 km/jam. Alligator memiliki jangkauan operasional 460 km dan jangkauan jelajah hingga 1.100 km.

Helikopter tempur Ka-52 “Alligator” Mesir ini dilengkapi sistem jammer President-S canggih yang dirancang untuk melindungi agar tidak terkena peluru kendali, sistem pertahanan udara serta artileri anti pesawat udara.

Sistem akan mendeteksi dan melacak roket atau rudal yang datang, serta melumpuhkannya dengan mengarahkan sinar laser kepada pencari optik multispektrum pada rudal atau roket tersebut dan mengacak sinyal radionya.