AD Turki Resmi Gunakan ATGM UMTAS Roketsan

Rudal anti-tank UMTAS buatan Roketsan, Turki (Turkish Aerospace Industries (TAI))

AD Turki Resmi Gunakan ATGM UMTAS Roketsan 1

Angkatan Bersenjata Turki / Turkish Armed Forces (TSK) secara resmi menggunakan rudal anti-tank UMTAS (Uzun Menzilli Tanksavar Sistemi) buatan Roketsan ke dalam layanan militer mereka.

Kantor berita milik negara Turki Anadolu Agency melaporkan bahwa Angkatan Darat Turki memperoleh satu sistem peluncur UMTAS dengan delapan UMTAS ATGM pada tanggal 02 Juni, 2017.

Rudal anti-tank UMTAS adalah semi-active laser-homing ATGM dengan jangkauan 500-8.000 meter. Dengan berat total 37,5 kg, UMTAS dapat dikaitkan dengan hulu ledak anti-tank tandem atau hulu ledak fragmentasi ledakan eksplosif tinggi. Roketsan mengatakan bahwa UMTAS juga dapat memanfaatkan pencitraan inframerah.

Rudal anti-tank UMTAS, Roketsan, Turki (Savunmaveteknoloji.com)

AD Turki Resmi Gunakan ATGM UMTAS Roketsan 2

TSK bermaksud menjadikan UMTAS sebagai andalan ATGM, tidak hanya oleh Angkatan Darat – di mana akan menjadi senjata utama dari helikopter serang T129 Turkish Aerospace Industries (TAI) dan juga untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

Pesawat Hürkus-C (close air support and counterinsurgency attack aircraft) TAI berhasil melakukan uji coba sebuah ATGM UMTAS pada bulan April. Adapun rudal anti-kapal Temren diperkirakan juga telah dikembangkan dari UMTAS.

Undersecretariat of Defence Industries (SSM) Turki juga memasarkan UMTAS untuk diekspor. Saat ini, Pakistan termasuk di antara negara yang dilihat SSM dan Roketsan, sebaga pasar rudal potensial.

Quwa.org

Leave a Reply