Militer Brasil Terima Howitzer Swa Gerak M109 Upgrade

Howitzer Swa Gerak M109A5 dikembangkan sesuai permintaan Angkatan Bersenjata Brasil. © Brazilian Army

Militer Brasil Terima Howitzer Swa Gerak M109 Upgrade 1

CURITIBA – Angkatan Bersenjata Brasil bersiap untuk menerima unit baru Howitzer Swa Gerak M109A5 “Plus” BR, sebuah upgrade dari kendaraan artileri tempur yang dilengkapi teknologi lebih canggih dari pendahulunya, seperti dilansir dari Defense Aerospace.

Grup Artileri Swa Gerak Ke-5 (5th GAC AP), yang berada di Curitiba, Brasil, akan menjadi salah satu unit tempur yang pertama menerima 16 unit kendaraan baru. Untuk itu, sebuah paviliun baru telah dibangun, memperoleh baterai tambahan serta menambah personilnya. Selain itu, 5th GAC AP juga telah melaksanakan pelatihan personil.

Akuisisi M109A5 Plus BR ini akan memperluas kapasitas artileri Brasil, mengingat produk tersebut telah dikembangkan berdasarkan kebutuhan Angkatan Bersenjata Brasil. Model baru M109 tersebut memiliki jangkauan yang lebih jauh dan mengurangi waktu mulai dari menentukan sasaran dan menyalakan tembakan lebih dari 80% dari model sebelumnya.

Howitzer Swa Gerak 155 mm tersebut menggabungkan alat pengukur kecepatan peluru, yang mampu memberikan akurasi yang lebih besar dalam penembakan, serta sejumlaih perbaikan pada sistem posisi dan navigasi, unit tampilan perintah, radio digital, sistem kontrol senjata dan pengunci tabung menggunakan kendali jarak jauh.

Leave a Reply