Mesir Membutuhkan 500 Unit T-90MS Rusia

Tank Tempur Utama (MBT) T-90MS Rusia dalam kamuflase gurun. © Mena Defense

Perusahaan pertahanan asal Rusia berharap bisa segera menandatangani mega proyek dengan Angkatan Bersenjata Mesir untuk memasok tank tempur utama T-90MS, seperti di lansir dari Mena Defanse.

Menurut sumber tersebut, Angkatan Bersenjata Mesir ingin memperoleh tank tempur utama (MBT) T-90MS yang baru. Angkatan Darat Mesir bermaksud untuk memesan 400 atau 500 MBT T-90MS, termasuk sejumlah peralatan dari Uralvagonzavod Rusia untuk dapat dirakit secara lokal oleh Mesir.

Rusia sebelumnya juga telah menandatangani kontrak besar untuk memasok tank tempur utama T-90MS ke sebuah negara di Timur Tengah, menueurt keterangan dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov.

“Selama dua tahun ini, seperti yang diharapkan, sejumlah tes telah dilakukan di beberapa negara Timur Tengah. Pada bulan Desember, sebuah kontrak besar di tandatangani dengan salah satu negara Timur Tengah. Ada rencana untuk segera menandatangani kontrak lagi”, tutur Manturov pada pameran IDEX 2017.

T-90MS adalah versi terbaru dari tank tempur utama T-90 Rusia. T-90MS ini juga disebut sebagai Tagil atau Proryv. Ini memiliki sejumlah perbaikan dan kemampuan operasional yang lebih baik dari T-90 asli. Tank T-90MS pertama kali diungkap pada tahun 2011.