China dan Finlandia Terus Tingkatkan Kerjasama Militer

Presiden Finlandia Sauli Niinisto (Kanan) berjabat tangan dengan Fan Changlong, wakil ketua Komisi Militer Pusat (CMC) China, di Helsinki, Finlandia, pada 16 Juni 2017. © Xinhua

HELSINKI – Presiden Finlandia Sauli Niinisto bertemu dengan Wakil ketua Komisi Militer Pusat (CMC) China Fan Changlong pada hari Jumat, mereka menyatakan minatnya untuk memperkuat kerjasama militer bilateral lebih lanjut, seperti dilansir China Military.

Finlandia dan China telah membentuk kerjasama kemitraan baru, yang berorientasi kepada masa depan selama beberapa tahun terakhir, kata presiden Finlandia tersebut, menekankan bahwa kedua negara memiliki posisi serupa dalam isu global seperti perdagangan bebas dan perubahan iklim.

Presiden Niinisto mengatakan bahwa Finlandia sangat menghargai kolaborasi dengan China diberbagai bidang, termasuk kerjasama pertahanan nasional dan juga militer, serta bersedia bekerjasama dengan China untuk lebih mengembangkan hubungan militer kedua negara.

Sementara itu, Fan mencatat bahwa China menghargai dukungan serta partisipasi Finlandia dalam Belt and Road Initiative.

Menteri Pertahanan Finlandia Jussi Niinisto (Kanan) berjabat tangan dengan Fan Changlong (Kiri), wakil ketua Komisi Militer Pusat (CMC) China. © Xinhua

Fan Changlong bersumpah untuk mempromosikan kerjasama militer bilateral berdasarkan strategi pembangunan yang saling bersinergi antar kedua negara supaya lebih baik.

Fan juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Finlandia Jussi Niinisto di hari Kamis, dengan fokus pada peningkatan kerjasama pertahanan. Mereka sepakat untuk memfasilitasi pertukaran tingkat tinggi, komunikasi pejabat ahli dan kerjasama pragmatis.

Sharing

Tinggalkan komentar