F-16 Block 70 Berpeluang Besar Geser Gripen di India

F-16 Block 70 kini memiliki kesempatan besar memenangkan persaingan tender pengadaaan 100 unit pesawat tempur bermesin tunggal di India.

Hal ini terungkap dalam penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Lockheed Martin dengan perusahaan Tata Advanced Systems untuk memproduksi jet tempur F-16 di India jika terpilih sebagai pemenang.

Saat ini ada dua kandidat kuat pesawat tempur bermesin tunggal yang diincar oleh Angkatan Udara India, yakni F-16 Block 70 dan SAAB Gripen.

Berbeda dengan Lockheed Martin yang sudah menemukan mitra produksinya, SAAB belum mengumukan partner yang akan bekerjasama membangun pesawat tempur di India.

Sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani, Lockheed Martin akan memindahkan jalur produksi F-16 dari Texas ke India, sedangkan Tata Group akan memberikan dukungan logistik.

Para pemimpin industri pertahanan India menyatakan perjanjian ini akan memberikan kesempatan untuk mengintegrasikan Tata Advanced Systems dan peralatannya dalam modifikasi pesawat tempur F-16 Block 70. Selain itu, perusahaan India juga akan dapat mengekspor semua proyek pesawat tempur modernisasi mereka.

Kesepakatan itu diumumkan sebelum kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke AS, di mana nantinya Perdana Menteri akan mengadakan pertemuan dengan CEO Lockheed Martin, Marilyn Hewson.

Indiatoday.intoday.in