Royal Thai Navy Bangun OPV Kedua

Desain OPV Kedua, Royal Thai Navy (photo : Baesystems.com)

Royal Thai Navy (RTN) telah meletakkan dasar kapal (lunas) untuk pembuatan kapal patroli lepas pantai OPV 90 m kedua, yang sedang dibangun bekerja sama dengan BAE Systems.

Upacara pelepasan lunas diadakan pada tanggal 23 Juni 2017, di galangan kapal Mahidol Adulyadej di Sattahip, Chonburi, sebuah fasilitas yang dikelola oleh perusahaan milik negara, Bangkok Dock, dilansir Janes.com, 23/6/2017.

(Graphix : Baesystems.com)

OPV, yang berbasis pada platform River-class BAE Systems ini, dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2018. OPV pertama RTN, HTMS Krabi, telah ditugaskan pada bulan Agustus 2013 dan juga dibangun di galangan kapal Mahidol Adulyadej melalui kerja sama dengan BAE Systems.

Jane mencatat bahwa Royal Thai Navy (RTN) memiliki total kebutuhan enam OPV untuk tipe ini.

RTN memperoleh desain OPV dari BAE Systems pada tahun 2009, yang mana group Inggris ini juga menandatangani kontrak untuk mendukung pembangunan OPV kedua pada bulan Februari 2016.

Pada upacara peletakan batu pertama, RTN mengatakan bahwa pembangunan OPV kedua akan terdiri dari dua tahap dan memiliki total anggaran sebesar THB5.5 miliar (USD170 juta).

OPV 90 Pertama Royal Thai Navy, HTMS Krabi (Saberwyn)

Tahap satu berjalan dari 2015 sampai 2018 dan dialokasikan THB2.85 miliar. Ini termasuk pembangunan platform, dan pengadaan mesin, bahan, dukungan logistik, dan layanan teknis. Fase dua – dialokasikan THB2.65 miliar – termasuk pengadaan sistem komando, pengawasan, kontrol persenjataan dan “stretches” dari 2016 sampai 2018.

OPV, yang memiliki keseluruhan beam 13,5 m, draft 3,5 m, dan kecepatan tertinggi 25 knot, akan dilengkapi dengan paket tempur, navigasi, dan komunikasi yang disediakan oleh Thales dan Boeing’s Harpoon surface-to-surface guided weapon system.

Tinggalkan komentar