Korea Selatan Sukses Menguji Rudal Balistik “Hyunmoo 2”

Korea Selatan telah berhasil melakukan uji coba sebuah rudal balistik taktis baru dengan jangkauan yang cukup jauh untuk mencapai bagian manapun dari Korea Utara, tanggal 23 Juni sebagai usaha untuk melawan ancaman rudal Korea Utara yang terus berkembang, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pejabat pertahanan dan media massa Korea Selatan mengatakan bahwa rudal tersebut bisa terbang hingga sejauh 800 km (jarak maksimum rudal balistik yang diijinkan oleh Amerika Serikat). Menurut sejumlah sumber Korea Selatan, rudal balistik taktis (TBM) Hyunmoo 2 memiliki jangkauan maksimum 500 km.

Rudal balistik Hyunmoo 2 itu menggunakan propelan padat dan panduan GPS/INS, yang memungkinkannya mencapai target dengan akurasi puluhan meter.

Pada bulan Juni tahun lalu, Seoul juga berhasil melakukan uji coba dua rudal Hyunmoo-2B yang mampu membawa hulu ledak sebanyak satu ton dengan jangkauan 500 Km.

Rudal balistik Hyunmoo-3 buatan Korea Selatan. © Wikipedia

Inventarisasi rudal Korea Selatan mencakup rudal balistik Hyunmoo-2A, dengan jangkauan lebih dari 300 km. Korea Selatan juga mengembangkan rudal jelajah Hyunmoo-3 dengan jarak tempuh 1.000 km. Rudal baru tersebut saat ini sedang dalam tahap pengujian.