Rusia Sempurnakan Radar Podsolnukh di Arktik

Angkatan Laut Rusia saat ini mengoperasikan tiga stasiun radar di pesisir Laut Kaspia, Laut Jepang dan Laut Okhotsk. © Mikhail Metzel

SAINT PETERSBURG – Radar pesisir Podsolnukh (Sunflower) yang disempurnakan telah disesuaikan untuk beroperasi di wilayah Arktik, menurut Sergei Saprykin, Kepala Desainer di Institut Penelitian Komunikasi Radio Jarak Jauh, seperti dilansir dari TASS Defense.

“Radar Podsolnukh telah dimodernisasi untuk beroperasi dikutub utara yang ekstrem karna pemasangannya di pantai Arktik”, kata Sergei Saprykin dalam Pameran Pertahanan Maritim Internasional di Saint Petersburg, Rusia.

CEO Institut Penelitian Komunikasi Radio Jarak Jauh, Alexander Miloslavsky sebelumnya mengatakan bahwa prototipe radar upgrade akan menjalani uji pabrik sebelum akhir tahun ini.

Radar permukaan Podsolnukh didesain untuk mendeteksi target laut sejauh 400 km serta target udara sejauh 500 km. Dalam mode otomatis, stasiun radar dapat mendeteksi maupun melacak tidak kurang dari 300 target laut dan 100 target udara.

Angkatan Laut Rusia saat ini mengoperasikan tiga buah stasiun radar Podsolnukh. Yaitu di pesisir Laut Kaspia, Laut Jepang dan Laut Okhotsk.