Ingin Tahu Lokasi “Rahasia” HMS Queen Elizabeth, Cukup Gunakan HP Smartphone

HMS Queen Elizabeth (photo:Royal Navy.Mod)

Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan jalur pelayaran kapal induk terbarunya, HMS Queen Elizabeth bersifat rahasia, sebagaimana pernah dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Inggris, Sir Michael Fallon yang berjanji akan melindunginya dari Rusia yang ‘iri’ dengan kapal induk kebanggaan Angkatan Laut Inggris itu.

Namun alih-alih menjaga kerahasiaan kapal induk yang mendapat julukan Big Lizzie, bahkan orang awam saja mudah mengetahui lokasi terbaru dari kapal induk seberat 65.000 ton dengan hanya menggunakan hp smartphone.

Mata-mata Rusia atau tim pengintai Rusia hanya cukup menginstal aplikasi gratis Vessel Finder dan Marine Traffic di handphone untuk mengetahui keberadaan kapal induk Inggris.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Inggris juga pernah mengatakan kepada BBC pekan lalu, “Ini rutin bagi orang-orang Rusia untuk mengumpulkan intelijen kapal perang kami. Kami akan melakukan setiap tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa mereka tidak terlalu dekat, tapi saya pikir mereka akan mengaguminya. ‘

Sir Michael menambahkan bahwa Royal Navy memiliki ‘cara dan sarana’ untuk menghentikan orang-orang Rusia yang ingin mencari tahu tentang HMS Queen Elizabeth.

Aplikasi gratis Marine Traffic, melaporkan rencana pergerakan kapal induk dalam semenit, bahkan aplikasi Vessel Finder mengungkapkan informasi HMS Queen setiap beberapa detik – membuat janji Sir Michael untuk melindungi kapal induk dari pengintai intelijen Rusia hanya sebuah olok-olok belaka.

Menurut sumber dari Angkatan Laut Inggris, petinggi Inggris sangat santai mengenai beredarnya informasi lokasi kapal induk di situs web. Militer Inggris lebih berkonsentrasi pada pertarungan di bawah air untuk mencegah orang-orang Rusia merekam jejak elektronik dan akustik HMS Queen Elizabeth.

Sebagai bagian dari perang informasi, satu kapal selam nuklir Inggris telah dikirim ke Laut Utara untuk mencegah kapal selam Rusia yang berusaha mendekati kapal induk tersebut. Seorang sumber Angkatan Laut mengatakan,” Rusia ingin melacak frekuensi radio yang di gunakan dan juga mendengarkan suara-suara yang di buat di bawah air, yang akan mengungkapkan kehadiran kapal induk ke kapal selam musuh”.

Dailynews