130 Taruna AAL Tingkat I, Ikuti Apel Gelar Kelengkapan

Surabaya, JakartaGreater   –    Menjelang keberangkatan pelayaran Prajalasesya pada 18-3-2021 mendatang, 130 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-69 mengikuti Apel Gelar Kelengkapan yang dipimpin Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) pada Selasa 16-3-2021 di gedung Salahutu, Resimen AAL, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, dirilis Bagpen AAL.

Acara tersebut dihadiri Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.Tr.Opsla, Seklem AAL Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr.Opsla., Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman, M.Tr.Opsla, pejabat utama, pelatih dan pengasuh serta perwira staf latihan Prajalasesya 2021.

Menurut Gubernur AAL Latihan Praktek (Lattek) Prajalasesya merupakan latihan pengenalan pelayaran bagi Taruna/Taruni Tingkat I Akademi Angkatan Laut yang telah ditetapkan dalam Prolakdik AAL tahun 2021, dengan rute perjalanan Surabaya–Tarakan– Surabaya selama 14 hari.

“Tujuan dari Lattek Prajalasesya ini adalah untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan Kehidupan Dinas Dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan kejuangan prajurit matra laut,” ujar Laksda TNI Tunggul Suropati.

Selama melaksanakan Prajalasesya ini lanjutnya, Taruna Tingkat I Angkatan ke-69 akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti PUDD dan tradisi Khas TNI AL, data-data teknis dan jenis Peran di KRI, alat-alat kebaharian dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, dalam apel gelar Kelengkapan berpesan sebagai berikut :

  1. Melalui latihan Prajalasesya ini, diharapkan para Taruna mampu menghayati bahwa laut merupakan media pemersatu bangsa, dimana TNI AL mempunyai tugas menjaga dan mengamankannya.
  2. Melalui latihan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa bahari pada setiap pribadi Taruna, oleh karena itu manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.
  3. Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini agar dijadikan perhatian khusus oleh seluruh personel baik Staflat maupun Taruna Satlat Prajalasesya untuk selalu mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.
  4. Jaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang baik, berolah raga dengan teratur dan istirahat yang cukup dan selalu mematuhi protokol kesehatan 5M.

Rencananya 130 Kopral Taruna AAL tersebut berlayar menempuh rute Surabaya, Tarakan dan kembali ke pangkalan Surabaya menggunakan KRI Surabaya-591 dan KRI Dewa Ruci dari jajaran Koarmada II.

Sharing

Tag:

Tinggalkan Balasan