Panglima TNI Soal Manusia Perahu

Manusia Perahu Pencari Suaka Menuju Australia

Panglima TNI Soal Manusia Perahu 1

Jakarta. Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan dia menghargai upaya Australia mengembalikan manusia perahu (boat people) yang diangkut oleh kapal berawak warga Indonesia ke Australia. Hal ini disampaikan Panglima Angkatan Bersenjata Australia pada dua pekan lalu. Jenderal Moeldoko membantah mendukung upaya Australia mengembalikan manusia perahu ke Indonesia.

“Yang dibicarakan adalah kalau kapal dari Indonesia, kru (kapten) dari Indonesia,” kata Panglima TNI, di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, (9/1/2014).

Jenderal Moeldoko menekankan dia tidak dalam posisi menerima atau menyetujui pengembalian manusia perahu yang dilakukan Australia. Namun selama pembawa manusia perahu merupakan kapal berawak Indonesia maka Indonesia, menerima pengembalian karena hal tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk menjaga perbatasan.

“Jawaban saya apa, bukan menyetujui. Bukan. Saya memahami langkah-langkah taktis itu. Dasar saya apa, karena ada dalam UN Declaration mengatakan setiap negara berhak melindungi atas kedaulatan wilayahnya,” lanjut dia.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)

Panglima TNI Soal Manusia Perahu 2

Hal tersebut disampaikan Jenderal Moeldoko menyusul pemberitaan sejumlah media yang mengatakan dia mendukung pengembalian manusia perahu ke Indonesia yang disampaikannya kepada media saat berada di markas besar TNI, Cilangkap.

Komunikasinya dengan Panglima Angkatan Bersenjata Australia adalah mendiskusikan hal tersebut.

Jenderal Moeldoko mengatakan dia hanya menjalankan kebijakan perbatasan dan tidak mencampuri politik luar negeri kedua negara. “Nah, saya berproyeksi kalau tugas itu diberikan pada saya, saya juga akan melakukan hal yang sama. Jadi itu konteksnya,” ujar Panglima TNI.

Beritasatu.com/Ezra Sihite

Leave a Reply