Su-27 Jagonya Air Superiority

Su-27 (photo : Russianplanes.Net)

Su-27 memang dirancang sebagai pesawat tempur air superiority murni. Terlihat dari foto, Su-27 menenteng empat rudal R-73, dua R-27 dan dua R-77-1 yang semuanya merupakan rudal udara ke udara.

Empat rudal R-73 Archer, siapa tidak kenal rudal udara ke udara jarak pendek buatan Rusia. Rudal yang lebih battle proven daripada rudal jarak medium seperti R-27 dan R-77. Bisa dikatakan tidak ada pesawat yang selamat saat sudah dikunci dan dikejar rudal R-73.

Sedangkan rudal udara ke udara jarak medium R-27 Alamo sudah lama menjadi andalan Rusia dan negara-negara pengguna pesawat tempur buatan Rusia. Hanya sayang, rudal ini belum pernah tercatat menghancurkan pesawat tempur musuh. Satu hit pernah diklaim merusak satu pesawat AS saat perang AS-Irak, meski akhirnya dibantah oleh pihak AS.

Yang unik adalah rudal R-77 yang masih di cat merah, kemungkinan ini adalah rudal R-77-1 yang masih dalam tahap uji coba. Rudal R-77-1 dirancang Rusia untuk bisa mengalahkan dominasi rudal medium AIM-120 AMRAAM buatan AS.

Namun bukannya tanpa kendala, rudal udara ke udara jarak medium R-77 seri awal pernah secara tragis merontokkan pesawat sipil saat dilakukan uji tembak. Rudal yang diarahkan ke helikopter drone Mi-6 malah menyasar ke pesawat sipil AN 26 dan menyebabkan tewasnya 26 orang penumpangnya.

Tinggalkan komentar