Upgrade & Modifikasi Nagapasa-403 Butuh Waktu 4 Bulan

Kapal selam KRI Nagapasa-403 (Korps Hiu Kencana)

Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut (TNI-AL) akan menempatkan kapal selam Type 209/1400 diesel-electric yang baru di Pangkalan Angkatan Laut, Watusampu, Palu, Sulawesi Tengah, ujar sumber dari dinas tersebut yang dikonfirmasi IHS Jane, pada 3 Agustus, 2017.

Kapal tersebut, yang diberi nama KRI Nagapasa dengan nomor 403, secara resmi diserahkan ke TNI-AL oleh pembuat kapal pembuatan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipyard and Marine Engineering (DSME) pada tanggal 2 Agustus, dan ditugaskan pada hari yang sama oleh TNI-AL.

Hadir dalam upacara commissioning kapal tersebut, yang diadakan di galangan kapal Okpo DSME di Pulau Geoje di Korea Selatan, adalah Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu, dan Kepala Staf TNI AL dan Laksamana TNI Ade Supandi.

Kapal selam Nagapasa akan berada di bawah komando Armada Timur TNI-AL (Komando Armada RI Kawasan Timur: Koarmatim).

Mengutip sumber TNI-AL dan DSME, Janes.com pertama kali mengungkapkan pada tanggal 27 Juli bahwa kapal selam Nagapasa akan diserahkan pada tanggal 2 Agustus 2017, setelah penundaan lebih dari empat bulan.

DSME awalnya merencanakan penyerahan kapal selam Nagapasa pada bulan Maret 2017. Perusahaan sejak itu mengatakan, penundaan karena “penerapan upgrade dan modifikasi pada kapal selam” tanpa menjelaskan lebih jauh tentang modifikasi ini, dengan alasan kerahasiaan, dirilis Janes.com, 3/8/2017.