Armada Kapal Perang China Kunjungi Finlandia

Armada kapal perang China berkunjung ke Finlandia. © Jussi Sippola

Armada kapal perang China telah tiba di Helsinki, Finlandia pada hari Selasa dini hari setelah menyelesaikan misinya dalam manuver gabungan bersama Angkatan Laut Rusia di wilayah Laut Baltik minggu lalu, seperti dilansir dari laman Defence BLog.

Formasi yang terdiri dari kapal perusak rudal Hefei, fregat rudal Yuncheng dan kapal pasokan Luomahu, merupakan armada pertama China yang pernah berlayar ke wilayah tersebut untuk melaksanakan latihan militer.

Latihan gabungan antara Rusia-China bertujuan untuk melaksanakan misi penyelamatan dan menjaga aktivitas perekonomian maritim. Itu adalah fase pertama “Joint Sea 2017”, yang juga akan melaksanakan latihan serupa di Laut Jepang dan Okhotsk di akhir tahun ini.

Lebih dari 500 warga China yang tinggal di Finlandia berkumpul di pelabuhan, menyambut kapal perang tersebut. Panglima Armada, Laksda Yu Manjiang menyampaikan pidato singkat kepada hadirin. Dia mengatakan bahwa dia berharap kunjungan selama 3 hari tersebut akan memperluas pertukaran dan meningkatkan kerja sama dengan tentara Finlandia.

Setelah berpidato, para hadirin mendapat kesempatan untuk naik fregat rudal Yuncheng dan berkomunikasi dengan para petugas dan pelaut. Kapal tersebut akan dibuka untuk umum di Finlandia pada hari Rabu.

Menteri Pertahanan Finlandia Jussi Niinisto mengucapkan selamat datang di Finlandia pada Angkatan Laut China. “Kami memiliki hubungan persahabatan dengan China dan kami juga melakukan kerjasama semacam ini”, katanya kepada Xinhua.

Mengomentari upaya China untuk terus mengurangi ukuran staf militer, Niinisto mengatakan bahwa ini adalah isyarat yang baik dan ramah bagi dunia. Dia pun mengatakan tentara China masih merupakan kekuatan yang mengesankan dan “kami ingin memiliki hubungan baik dengan tentara China”.

Niinisto pernah mengunjungi China pada tahun 2016, dan juga menjadi tuan rumah dalam kunjungan Menteri Pertahanan China Chang Wanquan di tahun 2015. “Sangat berguna bagi kita bersama untuk berkunjung secara reguler karena dalam hal ini kita belajar lebih banyak tentang satu sama lain”, kata Niinisto.

Sharing

Tinggalkan komentar