China Upgrade Tank Type 96B

Tank T-96B China saat lepas roda besinya (photo : Defence Blog)

Mengalami roda yang terlepas waktu mengikuti kompetisi Russian Tank Biathlon tahun 2016 lalu, China akan memodernisasi Tank Type-96B.

Pada kompetisi ketangkasan dan ketangguhan tank tersebut, China menerjunkan tank buatan dalam negerinya. Berbeda dengan negara peserta lain yang menggunakan tank-tank buatan Rusia yang terkenal tangguh, seperti India yang menerjunkan tank T-90s Bhisma dan Belarussia yang menggunakan tank T-72BME.

Menurut Pemimpin redaksi majalah Arsenal of the Fatherland, Viktor Murakhovsky, Type-96 bukanlah salinan dari T-72 Rusia meskipun menggunakan beberapa komponen dan integrasi beberapa unit.

Type-96B dilengkapi dengan komponen buatan China, termasuk pada persenjataan, mesin dan rantai roda gigi.

Menurut Viktor, China menerjunkan tank Type-96B untuk menguji segi teknis tank hingga sampai batas titik maksimal kemampuannya.

Type-96 adalah tank tempur generasi ketiga yang menjadi tulang punggung pasukan lapis baja China.

Tank Type-96B lebih modern dari tank T-96 seri lawas, selain memiliki mesin yang lebih bertenaga (1200HP), chasis yang lebih ringan, Type 96B juga sudah mendapatkan upgrade pada sistem ventilasi, modernisasi pada sistem pembuangan asap dan sistem elektronik modern.

Defenceworld

Sharing

Tinggalkan komentar