Cara Tentara Lebanon Perang Hadapi ISIS di Perbatasan

Tentara Lebanon (Photo: Marwan Tahtah)

Beirut – Tentara Lebanon tidak akan melakukan koordinasi dengan Tentara Suriah saat berperang melawan kelompok ISIS di daerah perbatasan Lebanon –
Suriah, ujar sumber Militer Lebanon, Sabtu 5-8-2017.

Pernyataan tersebut membantah laporan media setempat terkait kerja sama Militer antara Lebanon dengan Suriah.

Sumber tersebut mengatakan Tentara Lebanon mempunyai kemampuan untuk menghadapi dan mengalahkan kelompok pemberontak itu tanpa dukungan regional atau internasional.

Kehadiran militan ISIS dan Front Nusra di daerah kantong wilayah perbatasan Lebanon adalah pelarian Militer terbesar ke negara Lebanon akibat perang saudara di Suriah.

Serangan yang dilaksanakan pada bulan lalu oleh Hizbullah Lebanon, satu kelompok sekutu utama Presiden Suriah Bashar al Assad, memaksa pasukan tempur Front Nusra masuk ke daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah Barat Laut, di bawah kesepakatan evakuasi.

Tentara Lebanon tidak mengambil bagian dalam serangan itu, tetapi diharapkan dapat memimpin serangan terhadap daerah kantong yang dikuasai kelompok ISIS.

Pada Jumat 4-8-2017, pemimpin Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah mengatakan bahwa satu serangan terhadap pasukan tempur ISIS di daerah perbatasan akan di mulai dalam beberapa hari ini.

Dia mengatakan bahwa Tentara Lebanon akan menyerang kelompok ISIS di perbatasan dari sisi Lebanon, sementara Hizbullah dan tentara Suriah secara bersamaan akan menyerang dari wilayah Suriah.

Hizbullah berjuang bersama-sama Tentara Suriah melawan kelompok pemberontak termasuk pegaris keras Sunni di Suriah.

Pada Sabtu 6-8-2017, surat kabar Lebanon “al-Joumhouria” melaporkan dari sebuah sumber, yang menyatakan bahwa sudah terjadi koordinasi Militer antara Tentara Suriah dan Lebanon sehubungan serangan yang akan dilancarkan melawan ISIS.

Sumber Militer mengatakan bahwa Tentara Lebanon sudah menyerang kelompok ISIS dalam beberapa waktu, untuk mencegah menguasai medan lebih jauh dan memotong jalur pasokan perbekalan.

Kantor berita Lebanon, NNA dan sebuah satuan media Hizbullah mengatakan pada Sabtu 6-8-2017 bahwa Tentara Lebanon sudah menembaki kedudukan kelompok ISIS di daerah Ras Baalbek dan al-Qaa di Lebanon Timur Laut. Antara/Reuters

Sharing

Tinggalkan komentar