Pembelian Su-35 Indonesia Luar Biasa

Su-35 (photo : Twitter.com/Jokker)

Indonesia sudah melakukan negaosiasi untuk pembelian Su-35 sejak tahun 2013. Menurut sumber yang dekat dengan Rosoboronexport, beberapa kali negosiasi terkait pembelian Su-35 batal karena sejumlah masalah, terutama karena masalah keuangan.

Tapi sekarang kedua pihak sudah mencapai garis finish, terbukti dengan penandatanganan memorandum antara perusahaan “Rostec” dengan “Perusahaan Perdagangan Indonesia” dimana sebagian pembelian Su-35 akan dibayar dengan komoditas seperti karet, kelapa sawit dan sebagian lainnya dibayar dengan uang tunai.

Menurut pakar dari Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, Konstantin Makiyenko, biaya pembelian 11 unit Su-35 bisa mencapai US$ 1 miliar. Menurutnya, kontrak dengan Indonesia tidak kalah luar biasa dari China, apalagi sebagai negara yang memiliki akses pembelian pesawat tempur buatan AS dan Barat, namun Indonesia tetap membeli pesawat tempur buatan Rusia.

Indonesia nantinya akan menggunakan Su-35 untuk menggantikan armada pesawat tempur F-5 Tiger II yang sudah tidak operasional lagi dan akan ditempatkan di Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun.

Sebagian sumber berasal dari Bmpd.Livejournal

Sharing

Tinggalkan komentar