Festival Prestasi Indonesia Pamerkan 72 Prestasi Anak Bangsa

Desainer asal Indonesia, Bayo Gale (Bayu Santoso), terpilih sebagai pemenang kontes desain cover alternatif Cover album ā€˜Vā€™ Maroon 5 (Bayu Santoso)

Jakarta – 72 prestasi anak bangsa akan dipamerkan di Festival Prestasi Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), 21 hingga 22 Agustus 2017, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain untuk memperingati HUT Ke-72 RI, Festival Prestasi Indonesia dibuat agar masyarakat dapat langsung merasakan nilai-nilai Pancasila, ujar Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) Yudi Latif, yang juga penyelenggara kegiatan tersebut, saat ditemui di Cikini, Jakarta, Rabu, 16/8/2017.

Indonesia bisa dikenal dunia karena prestasi yang dihasilkan putra-putri bangsa yang berasal dari berbagai golongan, iman, ataupun etnis, ujarnya.

Menurut Yudi, saat ini prestasi-prestasi tersebut banyak dilupakan masyarakat, yang lebih memilih fokus pada perbedaan yang dimiliki Indonesia.

“Ini yang mau diubah. Kami ingin bangsa Indonesia mulai menganggap prestasi sebagai gaya hidup. Prestasi yang mempersatukan kita, bukan lagi mempermasalahkan hal-hal yang bersifat ‘remeh-temeh’,” kata Yudi.

UKP PIP bersama sejumlah tokoh dan pegiat seni kemudian mencanangkan Festival Prestasi Indonesia. Kegiatan ini diharapkan menjadi “panggung” inspirasi bagi masyarakat, khususnya anak muda di Tanah Air agar ikut mengharumkan nama Indonesia.

Ketua Panitia Festival Prestasi Indonesia, Al-Zastrouw mengatakan, festival itu akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, 21 Agustus 2017.

“Presiden juga akan memberikan penghargaan kepada warga negara berprestasi, yang sebelumnya telah diseleksi panitia dalam empat kategori, yakni : sains dan inovator, olahraga, seni budaya, serta pegiat sosial,” terangnya, dirilis Antara, 16/8/2017.

Festival yang digelar selama 2 hari itu akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya dapat bertemu dengan para peraih penghargaan. Ada pula sesi berbagi kiat sukses dan bertukar ide dengan masyarakat. Ada demo yang berprestasi di berbagai bidang seperti olahraga dan pembuatan robot. “Publik juga bisa berlatih langsung dengan tokoh-tokoh tersebut,” ujar Al-Zastrouw.

Ada pula pagelaran seni yang melibatkan kurator dan sutradara Jay Subiyakto, yang juga bakal menampilkan Erwin Gutawa, dan juara vokal internasional 2017 Liyodra.

Adapun 72 tokoh berprestasi tersebut, di antaranya:

1. Bayu Santosa (Pemenang kontes desain sampul album Maroon 5).

2. Chandra Sembiring (Dokter Indonesia pertama yang bertugas di Pegunungan Everest).

3. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (Tokoh bangsa dan pegiat solidaritas antarumat beragama).

4. Joey Alexander (Pianis Jazz berusia tujuh tahun).

5. Yudi Utomo Imardjoko (Ilmuwan nuklir Indonesia).

6. Lintang Pandu Pratiwi (Pembuat buku tentang Michelle Obama pada masa akhir jabatannya sebagai “First Lady”).

7. Handi Mulya (Chef spesialis kue yang pernah bekerjasama dengan Nicole Kidman, Oprah Winfrey, serta Celine Dion).

8. Lynna Chandra (Pendiri Yayasan Rumah Rachel, yang memberikan perawatan bagi anak-anak penderita kanker dan HIV).

9. Lilyana Natsir (Atlet bulu tangkis Indonesia).

10. Michael Gilbert (Peraih delapan emas di berbagai olimpiade sains).

11. Muhammad Gunawan (Penyintas kanker yang menaklukkan puncak-puncak tertinggi dunia).

12. Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang (Peraih medali emas pada Trinity Collage Robot Competition 2017).

13. Zaenal Beta (Pelukis dengan bahan dari tanah liat pertama di dunia).

14. Suryono (Petani yang menjadi pembicara dalam KTT Perubahan Iklim PBB di Maroko).

15. Wregas Banutedja (Film maker muda Indonesia pemenang Cannes Film Festival 2015).

Sharing

Tinggalkan komentar