Pertempuran Paramiliter Irak dengan ISIS di Perbatasan Suriah

Pasukan Paramiliter Hashd Shaabi, Irak (@EnglishBasNews)

Baghdad – Pasukan Paramiliter Hashd Shaabi, Irak, menewaskan 20 anggota ISIS pada Minggu 13-8-2017 dalam bentrokan sengit di dekat perbatasan dengan Suriah, ujar satuan tersebut di dalam satu pernyataan.

Serangan itu terjadi pada dini hari, ketika pasukan tempur Hashd Shaabi, yang dibantu oleh Senjata Artileri Medan, mematahkan serangan dari puluhan pasukan tempur ISIS yang menyeberangi perbatasan dengan Suriah dari 3 arah.

Awalnya, anggota ISIS menyerang pangkalan pasukan paramiliter Hashd Shaabi di bagian Utara daerah perbatasan Irak, Tal Sufoug, ujar juru bicara paramiliter. Namun serangan itu berhasil digagalkan. 20 gerilyawan ISIS tewas, 8 menderita luka-luka, serta 4 kendaraan ISIS rusak, jelas pernyataan tersebut sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Serangan yang dilaksanakan  pasukan tempur Hashd Shaabi di dekat garis perbatasan dengan Suriah merupakan bagian dari rencana untuk mengamankan daerah perbatasan dengan tetangga Irak, Suriah, dan menghentikan jalur pasokan ISIS antara Suriah dan gerilyawan garis keras di kota kecil dan daerah yang dikuasai ISIS di bagian Barat Irak.

Pertempuan di Irak Barat terjadi saat Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan pembebasan Mosul pada 10 Juli 2017, sesudah hampir 9 bulan terjadi pertempuran sengit untuk memaksa gerilyawan fanatik mundur dari kubu utama terakhir mereka di Irak. Antara/Xinhua-OANA.

Sharing

Tinggalkan komentar