2018 Kapal Induk Queen Elizabeth, Angkut F-35B

F-35B Inggris melakukan uji terbang dan landing di Sky Jump, yang menyerupai Dek Kapal Induk Queen Elizabeth-class (US Navy)

Inggris telah mengambil langkah lebih lanjut untuk membentuk kembali kemampuan serang wing kapal induk dengan pertama kali melakukan take-off pesawat Lockheed Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) dari model ‘ski-jump’, kap[al induk.

Tes yang berlangsung pada awal Agustus ini, untuk melihat short take-off and vertical landing (STOVL) dari pesawat F-35B. Pesawat F35B yang dilengkapi dengan empat amunisi Raytheon Paveway IV precision-guided dan dua rudal MBDA Advanced Short-Range Air-to-Air Missiles (ASRAAMs) lepas landas dari jalir peluncuran (ramp) yang nantinya sama dengan dek dua kapal induk Inggris yang baru, Queen Elizabeth class. Seperti yang dicatat oleh BAE Systems dalam pengumuman uji cobanya di Twitter, pesawat BF-02 diujicobakan oleh pilot uji coba utama STOVL, Peter ‘Wizzer’ Wilson.

Tes di Naval Air Station (NAS) Patuxent River di Maryland ini merupakan bagian dari kampanye yang lebih luas untuk memvalidasi teknik peluncuran ‘ski-jump’ F-35B yang pertama kali dikembangkan oleh Inggris untuk meluncurkan jet Sea Harrier dari Geladak cruise carriers pada akhir 1970-an.

Gambar artistik kapal induk Queen Elizabeth-class, Inggris (jeffhead.com)

Metode ini memungkinkan pesawat lepas landas dengan bahan bakar dan / atau senjata yang lebih banyak, dan memberikan margin keamanan ekstra dibandingkan dengan sistem peluncuran Marinir AS (USMC) yang meluncurkan pesawat dari dek datar. Hal ini terutama berlaku saat angin laut ganas, saat kapal akan meluncur naik turun.

‘Ski-jump’ akan digunakan untuk meluncurkan jet dari geladak kapal induk Queen Elizabeth dan Prince of Wales yang sedang dibangun untuk Royal Navy Inggris (RN), dan kemungkinan akan diadopsi oleh pelanggan F-35B maritim lainnya seperti Italia. Uji coba pertama kapal yang membawa pesawat F-35B di atas kapal induk Queen Elizabeth akan dimulai pada akhir 2018, dirilis Janes.com, 13/8/2017.

Sharing

Tinggalkan komentar