Jet Tempur T-50i TNI AU, Bolak-Balik Magetan-Kupang

Jet Tempur T-50 TNI AU (KAI)

Kupang – Atraksi tiga pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle menyemarakkkan perayaan HUT-72 Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan ribuan warga di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT di Jl El Tari Kota Kupang, Kamis, 17/8/2017.

Tiga pesawat tempur TNI-AU yang ditempatkan di Lanud El Tari Kota Kupang, beratraksi dengan beberapa kali terbang rendah dan sesekali menukik melintasi langit Alun-alun usai pelaksanaan upacara.

Atraksi ini disambut antusias ribuan warga yang terdiri dari segenap unsur pemerintah daerah serta berbagai elemen masyarakat di ibu kota provinsi yang turut menyaksikannya.

Suasana kian semarak ketika salah satu awak pesawat tempur mengucapkan selamat HUT-72 Kemeredekaan Indonesia yang diperdengarkan melalui pengeras suara ketika sedang beratraksi.

“Kami dari Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun mengucapkan selamat HUT-72 Kemeredakaan Republik Indonesia untuk pemerintah dan semua masyarakat di Nusa Tenggara Timur,” “Merdeka,” ujarnya disambut lantang ribuan warga dengan mengucap “Merdeka”.

Hingga saat ini ada tiga pesawat tempur T-50i dan satu helikopter tempur yang diparkir di hangar Markas Lanud El Tari Kupang.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Penerbang (Pnb) Ronny Moningka, mengatakan kehadiran tiga pesawat tempur buatan Korea Selatan dan satu helikopter tempur ini dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan Indonesia di NTT sekaligus mengelar kegiatan Kilat Badik 17 dan Operasi Lintas Cenderawasih.

“Proses pengamanan ini dilakukan hingga tanggal 24/8/2017 nanti, baru kemudian tiga pesawat akan kembali ke markasnya di Lanud Iswahjudi,” ujarnya yang dirilis Antara.

Dalam sehari, pengawasan yang dilakukan tiga pesawat tempur, dilakukan selama tiga kali dan waktunya dijadwalkan para pilot.

Kolonel Penerbang (Pnb) Ronny Moningka mengatakan, Markas Besar TNI-AU menargetkan pada tahun 2022, satu skadron pesawat tempur tetap sudah bisa ditempatkan di Pangkalan Udara El Tari Kupang.

“Penempatan satu skadron pesawat tempur di Lanud El Tari nantinya akan bersamaan dengan kenaikan tipe Lanud dari tipe B ke tipe A,” ujarnya.

Sharing

Tinggalkan komentar