Training ABK Patroli & Unit Reaksi Cepat Laut Bakamla RI

Bakamla Training Basic Safety Training (BST)

Bogor – Dalam rangka membekali kemampuan dasar keselamatan diri sendiri maupun orang lain selama bertugas di kapal, Bakamla RI menyelenggarakan Training Basic Safety Training (BST). Kasubdit Penyelenggara Latihan Bakamla RI Kombes Pol Benny Iskandar, S.Ik., M.Si. mewakili  Direktur Latihan Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si. membuka acara, sekaligus membacakan kata sambutan, pada Senin 14-8-2017 di Bina Sena Simulator Center, Ciawi, Bogor.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 7 hari hingga 22-8-2017 mendatang, para peserta akan dibekali dengan beberapa materi penting mengenai keselamatan antara lain cara menanggulangi bencana dan keadaan darurat di kapal, mulai dari pengenalan peralatan, cara penggunaan hingga cara untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

Bakamla Training Basic Safety Training (BST)

Pada hari pertama seteah selesai pembukaan, peserta yang merupakan perwakilan dari 3 zona Kamla dan peserta dari Jakarta diberikan materi di kelas tentang pengenalan keselamatan dan penyelamatan diri (survival) oleh pengajar dari Bina Sena Training Center Sunarko Ibrahim, S.E., dan siang harinya langsung dilanjutkan dengan praktek di lapangan.

Acara pembukaan ini dihadiri pula oleh jajaran pimpinan Bina Sena Training Center yaitu Ketua Hartono, S.E., M.M. , Direktur Ferry Parangtirta, S.Kom, dan Wakil Direktur Satriantoro, S.Kom.

Menurut Direktur Latihan Bakamla RI, para peserta yang merupakan ABK kapal patroli Bakamla RI dan Personel Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI mempunyai tugas salah satunya yaitu mengikuti operasi keamanan dan keselamatan laut diatas kapal patroli Bakamla RI.

Oleh sebab itu, perhatikan keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh instruktur dan jaga kekompakan sesama peserta dan instruktur, jelas Direktur Latihan Bakamla RI.

Bakamla Training Basic Safety Training (BST)

Materi lain yang akan disajikan adalah : Perlengkapan Penyelamatan, Keadaan Darurat, Sijil dan Isyarat Keadaan Darurat ( Personal Survival), Peralatan Radio Darurat, Peralatan Isyarat dan Pirotehnik (Personal Survival), Prinsip Umum P3K, Penanganan Gangguan Kesehatan, Luka Bakar, Melepuh dan Tersengat Listrik, Menolong dan Mengangkut Korban (Elementary First Aid).

Ada pula : Prinsip Keselamatan, Teori  Api, Pencegahan Kebakaran, Faktor Keselamatan dalam Pemadaman, Prosedur Pemadam Kebakaran, Penyidikan dan Pelaporan Kebakaran (Fire Prevention and Fire Fighting), Praktek Fire Prevention and Fire Fighting, serta teori dan praktek Keselamatan Diri dan Tanggung Jawab Sosial (Personal Safety And Social Responsibility). Humas Bakamla RI.

Sharing

Tinggalkan komentar