Pasukan Artileri China Latihan Pakai Peluncur Roket PHL-03

Militer China berlatih dengan menggunakan peluncur roket PHL-03. © Zhang Zhengju

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dari sebuah resimen artileri telah melakukan latihan tempur menggunakan amunisi asli pada tanggal 16 Agustus 2017, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Pasukan artileri yang ditugaskan dalam sebuah brigade militer di bawah komandi Angkatan Darat Grup 75 telah melakukan latihan dengan amunisi sungguhan memakai sistem peluncur roket berat 300 mm yaitu PHL-03.

PHL-03, yang juga dikenal sebagai AR2 (varian ekspor) adalah sistem roket multi peluncur (MLRS) 300 mm yang dikembangkan oleh perusahaan NORINCO untuk militer China.

PHL-03 merupakan PHL-96 yang telah sangan di digitalisasi dengan sistem kendali tembak terkomputerisasi (FCS) yang menggabungkan GPS/GLONASS, sangat mirip dengan SPMRL tipe 90A.

MLRS PHL-96 ini diawaki empat orang (dibandingkan dengan BM-30/PHL-96 yang hanya 3 orang), yang memasuki layanan sekitar 2004-2005, hanya sekitar satu atau dua tahun setelah pendahulunya, yaitu PHL-96. Seperti halnya PHL-96, PHL-03 tidak sama persis seperti SPMRL karena hanya submunisi yang dilengkapi pemandu, bukan roket itu sendiri.

PHL-03 adalah merupakan sistem artileri berat BM-30 Smerch versi China.

blank

blank

blank

blank

Sharing

Tinggalkan komentar