Home » Alutsita Canggih » China Pamerkan Tank VT4 Pesanan Thailand

China Pamerkan Tank VT4 Pesanan Thailand

Batch pertama Tank Tempur Utama (MBT) VT4 pesanan militer Thailand.

Batch pertama dari tank tempur utama (MBT) VT4, yang dipesan oleh Royal Thai Army, telah melakukan debut publik mereka di sebuah demonstrasi kemampuan dan pameran senjata buatan dalam negeri di China, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand telah memesan sebanyak 38 unit tank tempur utama (MBT) VT4, dilengkapi mesin diesel turbocharged 1.200 tk dan dipadukan transmisi otomatis, dari China North Industries Group Corporation (Norinco Group).

Dengan bobot tempur sekitar 52 ton, VT4 memiliki rasio tenaga/berat lebih dari 23 tk/ton.

VT4 dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm, dilengkapi dengan pengisi otomatis. Persenjataan sekunder dari tank VT4 terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm dan RCWS 12,7 mm yang dioperasikan oleh komandan tank.

Batch pertama dari 28 unit tank VT4 diperkirakan akan dikirim pada tahun ini, kata Jenderal Chalermchai Sitthisart, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand.

China telah membuat langkah signifikan dan telah mengekspor 461 unit tank dari tahun 1992 – 2014, menurut United Nations Register of Conventional Arms, yang mulai merekam transfer senjata konvensional para anggota PBB pada tahun 1992.

Eksportir tank terbesar selama periode tersebut adalah Amerika Serikat, yang melaporkan penjualan sebanyak 5.511 unit tank.