Serangan Ofensif Tentara Lebanon ke ISIS di Perbatasan

Dok. Artileri Militer Lebanon (almanar.com.lb)

Beirut – Tentara Lebanon melancarkan serangan ofensif terhadap daerah kantong kelompok ISIS di wilayah timur laut dekat Ras Baalbek yang berbatasan dengan Suriah, ujar sumber keamanan Lebanon, Sabtu, 19/8/2017. Di saat yang sana, kelompok Hizbullah dan tentara Suriah juga melakukan serangan ofensif di Qalamoun sisi perbatasan wilayah Suriah.

Serangan tentara Lebanon menyasar kedudukan kelompok ISIS di dekat kota Ras Baalbek dengan serangan roket, artileri dan helikopter, ujar sumber tersebut.

Daerah ini merupakan bagian terakhir dari perbatasan Lebanon- Suriah yang berada di bawah kendali pemberontak. “Kami mulai maju sejak jam 5 pagi (09.00 WIB),” kata sumber Lebanon, dirilis Antara/Reuters.

Operasi yang dilancarkan oleh tentara Suriah dan Hizbullah, kelompok Lebanon dukungan Iran, menyasar kedudukan kelompok ISIS di wilayah Qalamoun, Suriah, menurut laporan stasiun televisi al-Manar milik Hizbullah.

Bulan lalu, Hizbullah memaksa gerilyawan Front Nusra dan pemberontak Suriah meninggalkan kubu di dekat perbatasan dalam sebuah operasi gabungan dengan tentara Suriah.

Tentara Lebanon, yang didukung militer AS, tidak ikut ambil bagian dalam operasi Juli itu, namun mereka tengah bersiap untuk menyerang kantong ISIS di wilayah pegunungan yang sama.

Sebuah sumber militer mengatakan bahwa sekitar 500 petempur ISIS bersembunyi di daerah kantong dekat perbatasan.

Sumber keamanan Lebanon sebelumnya mengatakan bahwa tentara berencana untuk menyerang kelompok ISIS di wilayah Lebanon, untuk membantu kelompok Hizbullah dan tentara Suriah yang melancarkan operasi di wilayah perbatasan sisi Suriah.

Sharing

Tinggalkan komentar