John Kerry Kembali Kunjungi Indonesia

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry saat berkunjung ke KTT APEC 2013, Bali
Menteri Luar Negeri AS, John Kerry saat berkunjung ke KTT APEC 2013, Bali

Washington DC. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, akan kembali mengunjungi Indonesia untuk membicarakan beberapa kerjasama bilateral, regional, dan global. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian tur kunjungan kerja Kerry ke sejumlah negara Asia selama seminggu mulai pekan kedua di bulan Februari 2014. Hal ini disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, di Washington DC, Minggu waktu setempat. Selain Indonesia, Kerry juga bertandang ke Korea Selatan, China, dan Uni Emirat Arab.

“Selama 13-18 Februari 2014, Menteri Luar Negeri John Kerry akan berkunjung ke Seoul, Beijing, Jakarta dan Abu Dhabi untuk menemui para pejabat senior pemerintah setempat dan membicarakan sejumlah isu bilateral, regional, dan global. Ini merupakan kunjungan kali kelima Menlu Kerry sejak tahun lalu,” ujar Psaki dalam keterangan tertulis di laman resmi Deplu AS.

Di Jakarta, Kerry akan menegaskan dukungan AS atas meningkatnya kepemimpinan Indonesia atas tantangan-tantangan global. Kerry juga akan menindaklanjuti kerjasama AS dan Indonesia atas beberapa isu seperti perubahan iklim, keamanan, demokrasi, integrasi kawasan, dan hak asasi manusia.

“Beliau juga akan turut memimpin Pertemuan Komisi Bersama di bawah Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia. Dia juga akan menegaskan pentingnya hubungan kami dengan institusi-institusi multilateral Asia saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN [di Jakarta],” lanjut Psaki.

Ini merupakan kunjungan kerja kali kedua Kerry ke Indonesia. Sebelumnya dia datang ke Bali untuk memimpin delegasi AS dalam Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) awal Oktober 2013. Kerry waktu itu menggantikan Obama, yang batal hadir karena harus mengurus krisis anggaran pemerintah AS. (vivaNews.com)

Sharing

Tinggalkan komentar