F-16 Belgia Sisir Lembah Mach Loop

F-16 Belgia terbang rendah di atas mobil-mobil di pegunungan Cambrian Welsh pada ketinggian hanya 650 meter.

Belgia sudah memiliki pesawat tempur F-16 sejak tahun 1970an, pesawat tempur yang mampu menggotong segudang bom-bom, peluru kendali dan bahkan amunisi presisi berpemandu laser.

Belgia, Denmark, Norwegia dan Belanda adalah negara-negara pertama yang memanfaatkan F-16 saat bersama membentuk kemitraan yang dikenal sebagai European Participating Air Force.

AS melahirkan pesawat tempur F-16 sebagai pengganti pesawat tempur F-104 Starfighter dan kemudian banyak digunakan oleh Israel pada Perang Yom Kippur tahun 1973.

Penampakan F-16 yang terbang sangat rendah di Cadair Idris bukanlah jet tempur pertama kali yang terlihat di pedesaan Welsh, tempat lembah Mach Loop yang terkenal yang digunakan sebagai tempat latihan penerbangan rendah bagi pilot-pilot AS dan NATO.

Mach Loop terdiri dari lembah di barat-tengah Wales dan sering dikunjungi oleh pesawat tempur F-15 Eagle dan pesawat militer lainnya dari berbagai negara, dan pilot diperbolehkan untuk menukik terbang rendah hingga 160 meter di atas tanah.

Dailynews

Sharing

Tinggalkan komentar