Fregat Siluman Canggih Malaysia Diluncurkan

Angkatan Laut Malaysia (TLDM) hari ini meluncurkan fregat Littoral Combat Ship (LCS) tercanggih pertamanya di dermaga Boustead Naval (BN) Shipyard di Pangkalan TLDM Lumut.

Kapal pertama dari enam fregat LCS senilai RM9 miliar yang dibangun oleh BN Shipyard akan dirilis untuk pertama kalinya di lautan.

Upacara pelepasan dan penamaan KD Maharaja Lela dipimpin oleh Raja Permaisuri Perak, Tuanku Zara Salim dengan disaksikan oleh Sultan Perak, Sultan Nazrin Muizzuddin Shah.

Maharaja Lela adalah nama seorang pahlawan Melayu yang memimpin perjuangan rakyat Perak menentang penjajahan Inggris di Malaysia.

Menurut Tuanku Zara Salim, peluncuran kapal perang LCS tersebut membuktikan kemampuan dan kemampuan industri dalam negeri yang mampu bersaing di sektor industri berat, terutama teknologi militer.

“Ini karena KD Maharaja Lela adalah kapal fregat pertama yang dibangun seluruhnya oleh perusahaan lokal, BN Shipyard Sdn Bhd,” katanya.

Nantinya KD Maharaja Lela, kapal perang siluman terbesar yang dimiliki Angkatan Laut Malaysia, akan diserahkan pada tahun 2019 setelah menjalani sea trial dan tes penembakan.

KD Maharaja Lela diklaim memiliki kemampuan peperangan empat dimensi, seperti anti serangan udara, kemampuan serang permukaan, serangan anti kapal selam dan peperangan elektronik.

Fregat yang memiliki kecepatan maksimum hingga 28 knot dengan panjang keseluruhan 111 meter dilengkapi beberapa senjata utama seperti sistem peluncur torpedo, sistem peluncur rudal anti kapal, sistem peluncur rudal anti pesawat dan meriam multiguna.

Metro

Tinggalkan komentar