Militer Suriah Kepung Pasukan Tempur ISIS di Gurun Homs

Tank T-90 Suriah in action

Damaskus – Militer Suriah dan pasukan tempur sekutunya mentuntaskan pengepungan pasukan tempur ISIS di gurun seluas 2.000 meter persegi di Provinsi Homs di bagian tengah negeri itu, ujar satu sumber militer kepada Suriah pada Kamis 24-8-2017.

Pasukan militer sepenuhnya merebut Gunung Dahek, yang strategis, dan Khirbet Talal serta Wadi Abu Qilleh di pinggir Timur-laut Homs pada Kamis 24-8-2017, ujar sumber tersebut, yang tak ingin disebutkan jati dirinya.

Kemajuan baru tersebut sudah memungkinkan militer Suriah mengepung gerilyawan ISIS di daerah seluas 2.000 kilometer persegi di daerah terpencil pinggir Timur Homs.

Militer Suriah dan pasukan tempur sekutunya sudah bergerak untuk mengepung anggota ISIS di gurun itu dari 2 arah, demikian laporan Xinhua, yang dipantau Antara pada Kais 24-8-2017 malam di Jakarta.

Yang pertama ialah melalui pinggir Timur Homs, terutama sesudah mereka merebut Kota As-Sukhnah, dan kedua ialah gerak maju dari pinggir Selatan Provinsi Ar-Raqqah, yaitu dari Kota Rasafeh.

Tentara yang maju dari Sukhnah dan dari Rasafeh bertemu sesudah merebut daerah di gurun tersebut, sehingga membuat gerilyawan ISIS terkepung.

Pengepungan itu adalah yang kedua yang dilaksanakan. Belum lama ini, pasukan Suriah mengepung daerah yang dikuasai ISIS di Provinsi Hama, yang berdekatan di Suriah Tengah, lebih khusus lagi di daerah yang dikuasai ISIS di pinggir Utara Hama.

Operasi militer yang dilancarkan sekarang ini di Gurun Suriah bertujuan mencapai Provinsi penting Deir Az-Zour di Suriah Timur, dekat Irak, sebagai bagian dari keinginan militer untuk membalas pengepungan ISIS atas kota tersebut dan membebaskan warga sipil yang terkepung serta tentara di dalamnya.

Sejauh ini, militer Suriah sudah mengirim makanan dan bantuan melalui udara untuk rakyat yang terkepung di Deir Az-Zour akibat bertahun-tahun dikepung kelompok fanatik itu.

Di Selatan, pasukan tempur Hizbullah Lebanon dan prajurit militer Suriah memperketat pengepungan kepada anggota ISIS di daerah tandus Qara di Wilayah Qalamoun Barat di dekat Lebanon, ujar sumber militer tersebut.

Ia menambahkan prajurit militer Suriah merebut beberapa puncak bukit dan persimpangan jalan di wilayah pegunungan itu, tempat prajurit militer.

Sharing

Tinggalkan komentar