2 Kapal Selam Improved Kilo, Datangi Suriah

Kapal selam improved kilo Velikiy Novgorod Rusia (© Admiralty Shipyards)

Moskow – Rusia telah mengirim dua kapal selam baru ke lepas pantai Syria untuk bergabung dengan armada perang yang beroperasi di Laut Mediterania.

Kapal selam Kolpino dan Velikiy Novgorod tiba di Timur Tengah hari ini setelah berlayar turun dari Laut Baltik.

Kapal selam improved kilo Velikiy Novgorod Rusia (© Admiralty Shipyards)

Mereka akan bergabung dengan kapal perang Rusia di wilayah tersebut – yang misinya mencakup peluncuran serangan rudal terhadap ISIS.

Setiap kapal selam dapat menembakkan rudal dan dikatakan hampir tidak terlihat oleh kapal perang lain saat mengintai di bawah permukaan air.

“Dua kapal selam diesel-electric terbaru dari Armada Laut Hitam – ‘Kolpino’ dan ‘Velikiy Novgorod’ – telah tiba di Laut Tengah dari Laut Baltik,” kata juru bicara Kapten Armada Laut Hitam Vyacheslav Trukhachev.

Rusia memiliki kehadiran angkatan laut yang besar di Timur Tengah sebagai bagian dari perang mereka terhadap ISIS dan dukungan bagi Bashar al-Assad.

Kapal selam improved kilo Velikiy Novgorod Rusia (© Admiralty Shipyards)

Kapal perang Rusia sering kali melancarkan serangan terhadap target ISIS, menghancurkan bunker dan benteng mereka di Suriah.

Kapal selam Kolpino dan Velikiy Novgorod adalah kapal yang dikenal sebagai Proyek 636.3 di Rusia, dan dijuluki kelas Improved Kilo oleh NATO.

Mereka dirancang untuk melawan kapal selam dan kapal perang lainnya, namun juga dipersenjatai untuk misi penyerangan darat.

Penyebaran mereka dilakukan setelah Rusia memamerkan kekuatan lautnya pada Hari Angkatan Laut pada bulan Juli dengan sebuah parade besar di hadapan Vladimir Putin.

Pasukan angkatan laut Putin menimbulkan kegemparan tahun lalu dengan kapal induk Admiral Kuznetsov tiba di Mediterania.

Kapal tersebut berlayar melalui Selat Inggris dengan kelompok petempurannya di bawah pengawasan Angkatan Laut Kerajaan Inggris. (Dailymail.co.uk).

Sharing

Tinggalkan komentar