Pasukan Pemulih Keamanan Menunggu Datangnya Pesawat

Pasukan Brimob (wikipedia)

Timika – Sebanyak 100 personel pasukan Brimob Polda Sulawesi Selatan masih menunggu jadwal penerbangan dari Timika ke Intan Jaya untuk membantu memulihkan situasi keamanan di wilayah itu.

Kabag Ops Polres Mimika Komisaris Polisi I Nyoman Punia pada Jumat 1-9-2017 di Timika, Papua, mengatakan pasukan Brimob bantuan dari Polda Sulawesi Selatan tersebut secepatnya akan diberangkatkan ke Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya.

“Semua tergantung kondisi cuaca dan ketersediaan armada pesawat. Kalau sudah ada angkutan, lalu kondisi cuacanya memungkinkan maka pasti secepatnya mereka diberangkatkan ke Intan Jaya,” ujar Komisaris Polisi I Nyoman Punia.

Komisaris Polisi I Nyoman Punia mengatakan pengiriman pasukan Brimob Polda Sulawesi Selatan ke Intan Jaya membutuhkan beberapa kali penerbangan dengan pesawat berbadan kecil jenis twin otter atau grand caravan atau helikopter sebab kondisi Lapangan Terbang Sugapa hanya bisa didarati pesawat berbadan kecil.

“Yang bisa ke sana hanya pesawat kecil atau helikopter sebab lapangan terbangnya tidak panjang,” ujar Komisaris Polisi I Nyoman Punia. Sebanyak 100 orang personel Brimob bantuan dari Polda Sulawesi Selatan itu tiba pada Kamis 31-8-2017 di Bandara Mozes Kilangin Timika¬† dari Makassar.

Kedatangan mereka ke Papua untuk membantu mengatasi konflik antar massa pendukung pasangan Cabup-Cawabup Intan Jaya. Konflik kembali pecah pada Rabu 30-8-2017 di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pasca-putusan Mahkamah Konstitusi yang menyidangkan sengketa Pilkada di daerah itu.

Menyikapi kejadian itu, Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengimbau massa pendukung Cabup-Cawabup Intan Jaya yang dinyatakan kalah agar menahan diri dan tidak melakukan tindakan anarkis.

Polisi sampai sekarang ini terus berusaha menenangkan massa Cabup-Cawabup yang kalah dengan memberikan pemahaman kepada mereka untuk dapat menerima dengan jiwa besar hasil keputusan MK tentang pemenang pilkada setempat.

Majelis hakim MK dalam keputusannya pada Senin 28-8-2017 menetapkan pilkada Intan Jaya dimenangkan oleh pasangan nomor urut 3, yaitu Naftalis Tabuni-Yan Robert Kobogoyauw. Pasangan tersebut ditetapkan sebagai Bupati-Wakil Bupati Intan Jaya terpilih periode 2017-2022.

Adapun pilkada Intan Jaya pada Februari 2017 diikuti 4 Paslon bupati-wakil bupati. Tiga paslon lainnya, yaitu Bartolomius Mirip-Deny Miagoni (nomor urut 1), Yulius Yapugau-Yunus Kalabetme (nomor urut 2) dan pasangan Thobias Songgonau-Hermaus Miagoni (nomor urut 4).

Informasi yang dihimpun di Timika, sampai sekarang ini sejumlah maskapai penerbangan masih enggan terbang ke Sugapa, Intan Jaya, lantaran khawatir dengan keselamatan awak maupun armada pesawat mereka.

“Sampai sekarang belum ada yang berani terbang ke Sugapa. Pesawat, tidak boleh masuk,”¬† jelas seorang petugas dari salah satu operator penerbangan di Bandara Timika. Antara, 1-9-2017.

Sharing

Tinggalkan komentar