Vietnam Protes Latihan Militer China di Laut China Selatan

dok. Kapal pengintai elektronika, Dongdiao-Class Angkatan Laut China. © Defense World

Beijing/Hanoi – China meminta Vietnam pada Jumat, 1/9/2017 untuk tenang dan rasional terkait latihan militer China di Laut China Selatan, setelah Vietnam menunjukkan penolakannya di saat ketegangan antara kedua tetangga memburuk terkait sengekta wilayah.

Sebelumnya pada 31-8-2017 Vietnam menentang tindakan China yang mengumumkan hendak melaksanakan latihan militer di wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Vietnam sangat prihatin atas latihan di sekitar Teluk Tonkin di ujung utara Laut China Selatan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Le Thi Thu Hang dalam pernyataan, tetapi tidak menyebut latihan yang mana.

“Vietnam mengajukan gencatan senjata dengan China dan menahan diri dari melaksanakan aksi yang memperumit di Laut Timur,” ujar Le Thi Thu Hang

Seluruh aktivitas asing di perairan Vietnam harus sejalan dengan hukum internasional dan Vietnam, ujar Le Thi Thu Hang menambahkan.

Kementerian Luar Negeri Vietnam menyampaikan sikap protesnya kepada perwakilan China, tanpa menyebutkan pengumuman China yang mana yang dibuat atau kapan latihan itu dilakukan.

Sebelumnya, China menghadapi perlawanan dari Vietnam yang mengajak negara-negara Asia Tenggara di yang sibuk itu untuk ikut serta meningkatkan pertahanan bersama Amerika Serikat, Jepang dan India.

Sementara pada Juli 2017, dengan mendapat tekanan dari Beijing, Vietnam menunda pengeboran minyak lepas pantai di wilayah yang juga diakui oleh China. Antara/Reuters, 1-9-2017.

Sharing

Tinggalkan komentar