Manfaatkan Daerah Penangkapan Sejauh 4 Mil

ilustrasi : Kapal Nelayan (DPR RI)

Mukomuko – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat mendorong nelayan memanfaatkan potensi perikanan di daerah penangkapan ikan yang berada sejauh 4 mil dari pinggir pantai.

“Potensi perikanan di daerah penangkapan ikan yang berada sejauh 4 mil dari pinggir pantai di daerah ini masih sangat besar. Nelayan harus memanfaatkan potensi itu untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap,” ujar Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, Minggu 3-9-2017 di Mukomuko, Bengkulu.

Rahmad Hidayat mengatakan, sekarang ini mayoritas nelayan tradisional memanfaatkan wilayah “Fishing Ground” atau daerah penangkapan sejauh 0 sampai 3 mill dari pinggir pantai di daerah itu, sehingga semakin lama potensi perikanan di daerah penangkapan ikan sejauh 0 sampai 3 mil semakin berkurang.

Hampir setiap hari seluruh nelayan di daerah itu menurut Rahmad Hidayat, menangkap ikan di daerah penangkapan tersebut. Nelayan setempat memanfaatkan potensi perikanan di daerah penangkapan sejauh itu sebab alat penangkap ikan yang digunakan masih tradisional. Selain itu nelayan menggunakan kapal berkapasitas di bawah lima GT.

Sudah waktunya nelayan memikirkan cara untuk mengembangkan usaha perikanan tangkap dengan menyediakan alat tangkap modern dan kapal berkapasitas di atas lima GT. “Apabila nelayan mempunyai peralatan modern maka mereka tidak hanya menangkap ikan di perairan laut di daerah itu, tetapi menangkap ikan di peraran laut di luar daerah itu,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas KKP, Kab. Mukomuko, Rahmad Hidayat. Antara.

Sharing

Tinggalkan komentar