Rotasi Jet Tempur Siluman ke Korea Selatan Disiapkan

Jet Tempur F-22 Stealth

Seoul – Amerika Serikat sedang mempertimbangkan rotasi penyebaran jet tempur stealth ke Korea Selatan sebagai respons terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang terus berkembang, kata sumber pemerintah, Korea Selatan, 3/9/2017.

Korea Selatan dan AS sedang membahas pengiriman jet tempur F-22 dan F-35B secara berotasi sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pencegahan terhadap ancaman Utara, kata mereka.

Kedua negara diketahui mendiskusikan penempatan aset strategis AS secara triwulanan di pangkalan udara AS di Osan, selatan Seoul atau Pangkalan Udara Kunsan di barat daya semenanjung Korea.

AS telah mengirim aset strategis secara temporer ke Korea Selatan, termasuk pembom B-1B, sebagai sebuah unjuk kekuatan atas tindakan provokatif Korea Utara yang meningkat.

Tapi tampaknya rotasi penempatan pesawat tempur siluman AS, mencerminkan kekhawatiran yang berkembang mengenai kemajuan cepat dalam program nuklir dan rudal Korea Utara.

Para ahli mengatakan bahwa AS tampaknya menerima seruan Seoul untuk memberikan persenjataan yang lebih powerful dan efektif, setelah beberapa anggota parlemen dan ahli di Korea Sealtan meningkatkan kebutuhan akan persenjataan nuklir Korea Selatan.

Perundingan yang diperluas mengacu pada komitmen AS untuk memobilisasi berbagai aset militer konvensional dan strategis, termasuk kemampuan nuklir, untuk melindungi sekutunya.

“AS bisa dipercaya untuk penyebaran rotasi jet tempur F-22 dan F-35B di Korea untuk menangkal provokasi Korea Utara,” kata sebuah sumber pemerintah. (Yonhap).

Sharing

Tinggalkan komentar