China Anggap Sepi Protes Vietnam Terkait Latihan di LCS

Kapal Perang China di Laut China Selatan

Hanoi – China pada Rabu, 6/9/2017 menepis kecaman Vietnam terhadap latihan militernya di Laut China Selatan (LCS), dengan menyatakan pihaknya bertindak di dalam wilayah berdaulatnya.

China mengadakan latihan-latihan itu di sekitar Kepulauan Paracel, yang diklaim Vietnam sebagai wilayahnya. Latihan-latihan tersebut mendorong Vietnam “untuk melindungi hak-hak sahnya” melalui cara-cara damai.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan kepada wartawan dalam taklimat reguler bahwa China tidak berbuat salah dengan mengadakan latihan-latihan itu.

“Kami harap pihak terkait dapat memandang latihan-latihan itu dengan tenang dan beralasan,” katanya, tanpa memberi penjelasan, yang dilansir Antara.

China mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan, yang dilintasi kapal-kapal dagang internasional yang membawa barang senilai 3 triliun dolar AS tiap tahun. Brunei, Malaysia, Filipina dan Taiwan juga mempunyai klaim atas wilayah Laut China Selatan.

Ketegangan antara China dan negara tetangganya Vietnam memuncak dalam tiga tahun terakhir mengenai perairan yang diperselisihkan tersebut.

Vietnam menangguhkan pengeboran minyak di perairan lepas pantai yang juga diklaim oleh China pada Juli setelah Bejing menekan dan minta dihentikan.

China gusar terhadap usaha-usaha Vietnam yang meminta dukungan negara-negara Asia Tenggara mengenai Laut China Selatan dan juga hubungan pertahanannya yang tumbuh semaki erat dengan Amerika Serikat, Jepang dan India.

Sharing

Tinggalkan komentar