Presiden Akan Saksikan – Joint Fly Past TNI AU – RSAF

Latihan Flypast F-16 TNI AU – RSAF di South Marina, 50 Tahun Friendship, 31/8/2017. (David Chua / Maphotosg.com)

Singapura – Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengawali pertemuan pada Kamis 7-9-2017  di Singapore Botanical Garden, yaitu jalan kaki dan menanam pohon bersama.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Singapura, Kamis 7-9-2017, menyebutkan Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis pagi menuju Singapore Botanical Garden.

Di tempat itu Presiden melaksanakan jalan pagi bersama dengan PM Singapura. Kedua pemimpin negara juga melaksanakan penanaman pohon bersama. Adapun pohon yang ditanam adalah pohon Sunda Oak Mempening Pasang Batu. Kegiatan di taman itu diakhiri dengan serapan pagi bersama.

Sejumlah agenda akan dilaksanakan Presiden Joko Widodo pada hari kedua kunjungan kerjanya pada Kamis di Singapura. Pertemuan di Singapore Botanical Garden akan dilanjutkan pertemuan formal Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura Lee Hsien Loong beserta delegasi masing-masing di Istana Kepresidenan Singapura.

Latihan Flypast F-16 TNI AU – RSAF di South Marina, 50 Tahun Friendship, 31/8/2017. (David Chua / Maphotosg.com)

Sejumlah nota kesepahaman, antara lain di bidang manajemen penanganan bencana dan bidang pendidikan juga akan ditandatangani. Pertemuan itu kemudian diakhiri jamuan makan siang bersama. Setidaknya ada 4 isu yang akan dibahas, yaitu investasi, pariwisata, energi, dan ekonomi digital.

Siang harinya, Presiden dan Ibu Negara menuju area Marina Bay Cruise Center untuk menyaksikan pertunjukan Joint Fly-Past antara TNI AU dengan Singapore Air Force. Setelah itu, Presiden akan menghadiri Singapore-Indonesia Business Investment Forum di lokasi yang sama. Acara joint fly-pass adalah acara yang khusus karena Indonesia-Singapura memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara.

Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura kali ini cukup istimewa. Tidak cuma diperingati di darat, melainkan juga di angkasa antara pilot-pilot tempur TNI AU dan Angkatan Udara Singapura, yang akan terbang formasi gabungan untuk pertama kalinya.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bahkan akan turut sebagai back seater F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3 TNI AU. Adapun koleganya, Kepala Staf Angkatan Udara Singapura, Mayor Jenderal Mervyn Tan Wei Ming, akan juga duduk di kursi belakang F-16 Fighting Falcon dari Skuadron 140 yang berpangkalan di Pangkalan Udara Payalebar, Singapura.

Latihan Flypast F-15 SG RSAF di South Marina, 50 Tahun Friendship, 31/8/2017. (David Chua / Maphotosg.com)

Menurut rencana, akan ada persembahan dari kedua angkatan udara TNI AU dan Angkatan Udara Singapura untuk merayakan 50 tahun hubungan baik negara bertetangga sesama anggota ASEAN itu, pada Kamis 7-9-2017.

Akan ada terbang lintas oleh 20 gabungan pesawat tempur kedua negara, lima F-16 dari Skadron Udara 3 dan lima F-16 dari Skadron Udara 16 TNI AU dan 10 F-16 dari Skuadron Udara 140 dan Skadron Udara 143 Angkatan Udara Singapura, ditambah pesawat F-15SG Eagle Singapura.

Sebelum kembali ke Tanah Air pada sore hari, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan one-on-one dengan CEO perusahaan terkemuka. (Antara).

Sharing

Tinggalkan komentar