Alokasi Dana Rp 1,3 Triliun Bangun Bandara Sebatik

ilustrasi

Nunukan – Pemerintah Pusat mengalokasikan dana sebesar Rp 1,3 triliun untuk membangun bandara di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Rencana pembangunan bandara ini sudah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017, ungkap Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, Kamis 14-9-2017.

Irianto Lambrie mengatakan, informasi ini didapat secara resmi dari Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bahwa rencana pembangunan bandara di Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia.

Selain dijadikan bandara komersil untuk pelayanan penumpang umum atau komersil, bandara di Pulau Sebatik ini rencananya dijadikan pula sebagai Pangkalan militer TNI AU.

“Jadi pembangunan bandara di Pulau Sebatik ini berbeda dengan bandara lainnya di Indonesia yang masuk PSN (proyek strategis nasional). Bandara di pulau yang berbatasan dengan Malaysia juga akan dijadikan pangkalan militer TNI AU,” jelas Gubernur Kaltara.

Hal ini dipertegas pengarahan Presiden, Joko Widodo sewaktu rapat terbatas di Istana Negara beberapa waktu lalu bahwa bandara di Pulau Sebatik memang nantinya difungsikan pula sebagai pangkalan militer.

Tetapi masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Koordinator Polhukam dan Kementerian Pertahanan. Mengenai hasil studi kelayakannya dan ketersediaan lahan, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyatakan, bentuknya bandara sedang dengan “runway” 1.800 meter. (Antara)

Sharing

Tinggalkan komentar