Pesawat Tempur Typhoon Saudi Jatuh di Yaman

Pesawat Eurofighter Typhoon Arab Saudi (RSAF-Saudi)

Yaman – Pesawat tempur Eurofighter Typoon Royal Saudi Air Force (RSAF) yang terlibat dalam misi CAS (Close Air Support) melawan gerilyawan Houthi di Yaman, jatuh karena kegagalan teknis. Pilot bernama Mahna al-Biz tewas dalam insiden tersebut.

Koalisi yang dipimpin Saudi pada perang di Yaman mengatakan, pesawat tempur Typhoon itu mengalami kegagalan teknis dan menabrak gunung di distrik Al Wade’a pada hari Rabu, 13/9/2017, ujar kantor berita Saba Yaman.

Ini adalah kematian kedua minggu ini terhadap pilot koalisi. Pada hari Senin lalu, pihak berwenang mengatakan seorang pilot UEA tewas karena kerusakan teknis, tanpa menjelaskan lebih jauh.

RSAF mengoperasikan armada 72 pesawat Typhoon (termasuk pesawat yang jatuh 13/9/2017), berbasis di King Fahad Air Base, Taif.

Arab Saudi bersama sekutunya – Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Mesir, Yordania, Maroko, dan Sudan – telah terlibat dalam perang di Yaman sejak Maret 2015 dalam upaya untuk memerangi gerakan Houthi dan mengembalikan posisi Pemerintahan Yaman yang terguling.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa pertempuran di Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 warga sipil, mengungsikan lebih dari 3 juta orang dan mendorong negara termiskin di dunia Arab itu ke ambang kelaparan. (Dailypakistan.com.pk).

Sharing

Tinggalkan komentar