India Sukses Uji Coba Rudal ASTRA

Uji coba penembakan rudal Beyond Visual Range Air to Air Missile (BVRAAM) ASTRA berhasil dilakukan di atas Teluk Benggala, di luar Pantai Odisha, Chandipur.

Uji tembak beberapa kali dilakukan pada 11-14 September, dengan total tujuh kali percobaan penembakan dilakukan terhadap target pesawat tanpa awak (Pilotless Target Aircraft – PTA) dengan sukses.

Misi uji coba penembakan dilakukan pada berbagai jarak menengah dan jarak jauh, pada target yang bermanuver tinggi dan peluncuran beberapa rudal salvo untuk merontokkan beberapa target sekaligus.

Menurut Menteri Pertahanan India, semua sub system, termasuk sistem Seeker penjejak dibuat di dalam negeri India.

Perusahaan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) memainkan peran penting dalam memodifikasi pesawat tempur agar bisa mengintegrasikan rudal ASTRA, dan ebih dari 50 industri publik dan swasta India turut berkontribusi dalam membangun sistem persenjataan Astra.

Jika akhirnya India dilengkapi rudal ASTRA, maka militer India akan memiliki banyak pilihan rudal udara-ke-udara medium, setelah sebelumnya banyak menggunakan persenjataan buatan Rusia, Israel dan Perancis.

Sharing

Tinggalkan komentar