TNI-AD Awasi Warga Negara Asing di Papua Barat

Prajurit Kostrad TNI AD Patroli di Papua

Manokwari  – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat melakukan pengawasan secara kontinyu atas kehadiran warga negara asing  di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kepala Staf Daerah Militer XVIII/Kasuari Papua Barat TNI Brigjen Dedy Sambowo, pada Sabtu 16-9-2017 di Manokwari, mengatakan bagi TNI pengawasan WNA adalah tugas pokok tidak hanya dilaksanakan di Papua Barat.

Brigjen TNI Dedy Sambowo menjelaskan, Indonesia adalah negara yang berada di wilayah garis katulistiwa, sehingga menjadikan negara yang subur. “Kondisi ini menjadikan Indonesia target migrasi. Diprediksi ke depan akan ada migrasi besar-besaran warga asing ke Indonesia,” ujarnya pula.

Menurut Brigjen TNI Dedy Sambowo, Papua secara keseluruhan dikenal sebagai daerah yang kaya dengan potensi sumber daya alam, baik darat maupun laut, sehingga daerah wajib waspada dan harus melakukan langkah antisipasi sejak dini.

Kodam Kasuari, kata Brigjen TNI Dedy Sambowo, terus mengoptimalkan peran satuan intelijen dan teritorial dalam pengawasan di setiap daerah.

“Panglima TNI menyampaikan, ada yang disebut bahaya kuning. Kami yang berada di daerah terus waspada ada maupun tidak ada perintah pengawasan terus kami lakukan. Bagi kami ini ada tugas pokok TNI,” kata Brigjen TNI Dedy Sambowo.

Papua Barat patut waspada, sebab ada kegiatan lain melibatkan warga asing yang belum terpantau secara baik, ujar Brigjen TNI Dedy Sambowo, Oleh sebab itu, seluruh elemen diharapkan bekerjasama secara sinergis. (Antara).

Sharing

Tinggalkan komentar